Jumat, 07/07/2017 07:00 WIB

Ini Pekerjaan yang Paling Membahagiakan dan Menyedihkan Menurut Riset

Rahmi Anjani - wolipop
Ini Pekerjaan yang Paling Membahagiakan dan Menyedihkan Menurut Riset Foto: Thinkstock
Jakarta - Setiap pekerjaan tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebuah profesi dengan tugas rumit dan beban tanggung jawab berat biasanya menghasilkan lebih banyak pendapatan. Sementara mereka dengan pekerjaan tergolong ringan tentu penghasilannya juga menyesuaikan. Setiap pilihan karier pun punya risiko tersendiri yang harus mereka hadapi sebagai tantangan.

Pekerjaan juga menjadi hal yang membuat orang menjadi sedih atau senang. Mereka yang beruntung punya karier mulus dan berpenghasilan bagus biasanya lebih banyak kesenangannya dari pada kesedihannya, begitu pula sebaliknya. Sebuah penelitan pun dilakukan untuk mengetahui profesi atau bidang karier apa saja yang paling membahagiakan dan menyedihkan bagi banyak orang. Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Riset dilakukan di London oleh konsultan bisnis Qualtrics. Menurut hasil penelitian, bidang kerja yang paling membuat karyawannya bahagia ternyata adalah ekonomi. Mereka yang bekerja sebagai banker atau sales merasakan kepuasaan kerja yang lebih tinggi dibanding para responden lain. Dikatakan jika 75% responden yang berkarier di bidang ekonomi cukup merasa puas meski tidak benar-benar mencintai profesi.

Ini Pekerjaan yang Paling Membahagiakan dan Menyedihkan Menurut RisetFoto: Thinkstock
Lalu apa profesi di bidang kerja apa yang paling membuat karyawannya stres dan sedih? Kabar buruk bagi Anda yang bekerja di media. Berdasarkan riset, hanya 37% pekerja media di bidang jurnalisme, PR, atau iklan yang merasakan kepuasan bekerja.

Hasil ini pun cukup mengejutkan mengingat sektor finansial dan media yang sebenarnya sama-sama berat dan menuntut dedikasi waktu tapi punya tingkat kepuasaan berbeda. Menurut Qualtrics, yang membuat keduanya berbeda adalah apresiasi. Di dunia ekonomi, kerja keras para pegawai lebih diakui sedangkan pekerja media kadang kurang diapresiasi.

Ini Pekerjaan yang Paling Membahagiakan dan Menyedihkan Menurut RisetFoto: Thinkstock
"Tingkat motivasi bekerja (di sektor finansial) termasuk yang paling tinggi dengan 45% mengatakan kebanyakan mereka menanti waktu bekerja. Di media dan iklan turun jadi sepertiga pekerja," kata Ben Harris selaku Financial Services Director di Qualtrics.

"Jasa finansial adalah sektor yang keras dengan jam kerja panjang tapi jika orang-orang melihat kerja keras mereka dihargai dan diakui, jam kerja tersebut menjadi faktor yang tidak terlalu berpengaruh," tambah Ben. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com