Tips dari Ria Miranda untuk Ibu Rumah Tangga yang Mau Jadi Pebisnis Sukses

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 20 Sep 2017 16:30 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Sebagian wanita yang telah menikah dan memiliki anak mungkin harus memendam impian mereka untuk berkarier karena lebih mengutamakan keluarga. Padahal wanita juga bisa sukses meniti karier dan mengejar mimpinya meskipun telah berkeluarga.

Menurut desainer busana muslim Ria Miranda, setiap wanita bisa mengejar kariernya dengan mengikuti passion atau hobi yang disukai dan tetap membagi waktunya untuk suami dan buah hati. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin meniti karier dan masih bisa mengurus keluarga.

1. Kejar Passion

Seorang wanita yang telah berkeluarga pada umumnya akan merasa punya tanggung jawab lebih terhadap urusan mengurus suami, anak, dan rumah. Sehingga mereka cenderung tak memiliki hak untuk mewujudkan cita-citanya. Padahal mereka masih bisa mewujudkan keinginan dan passion yang dimiliki namun tak menghalangi urusan rumah tangganya.

"Kan nggak harus pergi keluar kantor untuk bekerja, sekarang itu banyak sekali bisnis online, banyak sekali pilihan pekerjaan ya balik lagi itu pilihan masing-masing. Terus ya semua orang juga pasti punya passion ada yang masih galau dan udah tahu tapi nggak mau diusahakan. Tapi kalau mereka giat dengan passionnya itu pasti bisa," ungkap Ria saat ditemui usai acara kampanye Ibu Bersinar Sunlight di Suasana Restaurant, Jakarta Selatan, Selasa (19/9/2017).

2. Disiplin

Setelah menentukan keinginan dan hal yang disukai untuk dikerjakan, hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan itu adalah dengan disiplin.

"Iya contohnya kayak campaignnya Sunlight ini, kita bisa meluangkan waktu sebentar aja lima belas menit dalam sehari untuk melakukan hal yang kita suka. Misalnya menulis atau memasak kita bisa lakukan itu lima belis menit saja, kalau kita disiplin sedikit demi sedikit bisa jadi sesuatu yang besar," tambah Ria.

3. Punya Prioritas

Menurut desainer yang karyanya banyak digemari oleh hijabers ini, menentukan prioritas juga menjadi salah satu hal terpenting bagi ibu rumah tangga yang membangun bisnisnya sendiri. Meskipun sibuk mengurus pekerjaan, anak juga harus dalam kontrolnya.

"Kita harus punya prioritas ya masalah anak itu tetap semua harus dalam kontrolnya kita. Kalau ingin, inginnya setiap hari kita mengasuh anak juga, tapi kan seorang wanita itu nggak mesti di rumah dan ngurus anak terus, jadi punya pekerjaan, punya kegiatan, sosialnya juga ada, berteman, cuma ya jangan sampai itu menjadi hambatan dan tantangan kita," imbuh Ria.

4. Atur Waktu dan Kerjasama

Membagi waktu antara keluarga dan meniti karier mungkin adalah salah satu hal yang sulit. Namun menurut Ria hal itu bisa dilakukan dengan ikut melibatkan anak dalam urusan bisnisnya. Misalnya ibu dua anak ini terkadang membawa buah hatinya ikut ke kantor. Saat buah hatinya tengah asyik menggambar atau bermain, Ria pun bisa rapat dengan timnya untuk membicarakan bisnisnya.

"Ya itu membagi waktu misalnya kayak aku punya bisnis yang kantornya nggak jauh dari rumah jadi itukan semua pilihan. Waktu makan siang bisa ke rumah lihat anak-anak terus balik lagi. Pasti PR kita sehari-hari ini gimana ya anak-anak kita ntar jemput sekolah, ya alhamduliah mungkin karena suami juga bareng akhirnya kita berbagi waktu juga sama suami. Misalnya waktu jemput anak dengan suamiku, kadang juga ada mertua dan keluarga yang kita percaya boleh minta bantuin juga," jelasnya. (agm/agm)