Waspada! 5 Tanda Anda Berada dalam Pertemanan Tidak Sehat

Hestianingsih - wolipop Senin, 06 Mar 2017 10:26 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - 5 Tanda Anda Berada dalam Pertemanan Tidak Sehat

Pertemanan yang sehat bisa membuat seseorang berkembang menjadi individu yang lebih baik lagi. Sebaliknya, pertemanan yang 'beracun' akan menurunkan kualitas Anda sebagai individu. Namun bagaimana mengenali apakah hubungan pertemanan Anda masuk kategori positif dan negatif?

Pakar hubungan dan percintaan India Kang menyebutkan ada lima tanda yang bisa menjadi alarm ketika pertemanan sudah menjadi 'racun' dalam kehidupan pribadi Anda. Yang artinya, demi kebaikan, sebaiknya hubungan tersebut. Seperti apa? Ini uraiannya seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Anda yang Selalu Menghubungi Terlebih Dahulu
Siapa yang berinisiatif menghubungi terlebih dahulu merupakan barometer penting dalam sebuah pertemanan. Sebuah hubungan pertemanan menjadi tidak sehat ketika satu pihak jauh lebih tertarik untuk berkomunikasi ketimbang pihak lain. Jika Anda yang selalu menghubungi teman terlebih dahulu, atau hanya Anda yang mengusahakan agar bertemu atau mengobrol, maka baiknya kurangi frekuensi komunikasi sementara waktu untuk melihat apa yang terjadi. Jika setelah berbulan-bulan sang teman tak juga menghubungi Anda tanpa ada alasan, maka akan sulit terjalin hubungan pertemanan yang simbiosis mutualisme.

2. Bagaimana Teman Memengaruhi Suasana Hati
Apa yang Anda rasakan ketika dan setelah bersama-sama dengannya juga menjadi cara yang tepat untuk mengetahui kualitas hubungan pertemanan kalian. Jika yang tertinggal adalah rasa lelah, kesal, marah atau mengganjal, maka sudah saatnya perlahan-lahan melepaskan diri dari pertemanan itu. Tapi jika Anda merasa lebih senang, dan berpikiran terbuka setelah bertemu, maka ia/mereka adalah teman yang 'sehat' untuk Anda.

3. Tidak Berkembang
Ketika pertemanan membuat Anda jalan di tempat, atau mengakibatkan Anda terperangkap di satu zona nyaman maka sudah saatnya mencari pertemanan baru. Sebuah pertemanan yang sehat dan baik seharusnya membuat Anda berkembang dan melihat dunia dengan kacamata baru.

4. Tidak Pernah Mendukung
Kritikan dan kejujuran dari teman memang diperlukan. Tapi jika kritikan itu tidak membangun dan justru membuat Anda makin enggan mengejar mimpi maupun impian, maka bisa dibilang pertemanan yang Anda jalani saat ini tidak sehat. Pertemanan yang 'beracun' juga ditandai dengan dibuatnya Anda merasa bersalah karena ingin mengejar obsesi, sehingga Anda enggan untuk maju. Sebuah pertemanan yang baik adalah ketika orang-orang di dekat Anda mendukung dan menyemangati Anda untuk meraih prestasi.

5. Selalu Membatalkan Janji
Dia selalu beralasan 'sangat sibuk' ketika diminta bertemu, atau secara terus-menerus mengganti jadwal pertemuan. Terlepas dari apakah benar dirinya sibuk atau tidak, seharusnya dalam satu kesempatan, ia memiliki cukup waktu untuk bercengkerama dengan Anda. Selalu menolak bertemu bisa menjadi tanda bahwa sang teman sebenarnya tidak terlalu antusias menghabiskan waktu dengan Anda. Jika itu yang terjadi, sudah waktunya mencari teman yang bisa menghargai kebersamaan dengan Anda. (hst/hst)