Delia von Rueti, Desainer Perhiasan yang Sumbangkan Hutan untuk Publik

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 24 Nov 2016 12:13 WIB
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

Jakarta - Nama Delia von Rueti sebelumnya mungkin belum terlalu familiar di telinga anak muda. Namun desainer perhiasan tersebut punya karya yang sudah go international. Aksesori Delia telah dimiliki banyak sosok terkenal, mulai dari Ani Yudhoyono, Sharon Stone, Lady Gaga, Michelle Yeoh, Miranda Goeltom, Mari Elka Pangestu, hingga Michelle Obama.

Selain bisnis yang patut dibanggakan, wanita 50 tahun itu juga seorang philantropist. Belum lama ini, ia bahkan telah menyumbangkan lahan pribadinya seluas 2.500 hektar di Kalimantan untuk taman hutan hujan untuk publik.

Delia mengawali karier desainernya pada tahun 2000. Sebelum terjun ke dunia aksesori wanita asal Pematang Siantar tersebut bekerja di industri keuangan. Namun ketika menetap di Bali dengan sang suami Patrick von Rueti, Delia pun mulai mengasah kemampuan dan hobinya dalam merancang perhiasan yang sudah disukai sejak lama.

Delia von Rueti, Desainer Perhiasan yang Sumbangkan Hutan untuk PublikFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Koleksi aksesori yang awalnya dikerjakan oleh tujuh orang pegawai tersebut pun mulai dipamerkan di Paris, Prancis pada 2004. Tak disangka, karyanya cukup disukai hingga habis terjual. Setelah itu, Delia sudah mengadakan berbagai eksibisi skala internasional, seperti Italia, Swis, hingga Amerika Serikat. Ia juga pernah ditawari rumah busana Salvatore Ferragamo untuk bekerjasama namun ditolaknya karena alasan keluarga.

Tak hanya berbisnis perhiasan, Delia juga punya kepedulian sosial. Ia punya sebuah organisasi yang memberikan beasiswa sekolah untuk anak di Sumatera. Peraih Indonesian Contemporary Design itu bahkan menyumbangkan lahan pribadinya untuk dibuat Taman Hutan Hujan Tropis pertama di Indonesia.

"Inspirasinya adalah agar semua orang bisa punya taman. Taman Raya Bogor ada tapi nggak boleh datang semuanya, nggak boleh menginap. Tapi kalau ini punya kalian. Yang pusing adalah bagaimana menjaganya," ungkap Delia dalam konferensi pers kampanye Love & O2 di Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, (23/11/2016).

Delia von Rueti, Desainer Perhiasan yang Sumbangkan Hutan untuk PublikFoto: Rengga Sancaya
Karena sulit untuk menjaganya, Delia pun meminta bantuan orang-orang untuk mewujudkannya mimpinya bersama. Melalui gerakan 1 T-shirt 1 Tree, ia mengharapkan orang-orang bisa membeli kaus seharga Rp 100 ribu hingga 399 ribu yang uangnya akan disumbangkan untuk pemeliharaan hutan tersebut. Ibu tiga anak itu juga berencana membeli lahan untuk taman jika donasi yang terkumpul cukup banyak.

"Target saya juga agar bisa memberi aktivitas kepada para anak muda supaya bisa berpikiran positif. Di sana, bisa diadakan maraton, balap sepeda," kata Delia.

"Harapannya Love & O2 ini bisa memberikan pekerjaan lebih untuk warga sekitar. Karena nggak ada perusahaan lain di sana sebab kendala izin," tambah wanita lulusan MBA dari San Diego University.
(ami/ami)