ADVERTISEMENT

Rahasia Sukses Bekerja Menurut Bos di Amerika: Pakai Baju Sama Setiap Hari

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 02 Jul 2015 16:45 WIB
Foto: Dok. TNS
Jakarta -

Ingin jadi karyawan atau bos yang sukses? Wanita yang merupakan pimpinan perusahaan di Amerika ini punya satu tips yang menurutnya ampuh untuk membantu Anda sukses yaitu dengan memakai baju yang sama setiap hari ke kantor.

Adalah Amy Zinck, Wakil Presiden di Terra Foundation for American Art di Chicago yang memberikan tips bekerja ini. Wanita 47 tahun yang bekerja untuk yayasan seni bergengsi di Amerika Serikat itu berangkat ke kantor dengan memakai baju yang sama setiap harinya.

'Seragam' andalan Amy setiap ke kantor adalah celana panjang dan blazer berwarna hitam. Di lemari pakaiannya, hanya ada enam pasang celana panjang dan blazer. Agar tidak terlalu monoton, dia menambahkan scarf pada penampilannya setiap hari.

Ada alasan kenapa Amy memilih memakai baju yang sama atau 'seragam' setiap harinya untuk bekerja. Menurutnya cara tersebut membuatnya tidak membakar energi otaknya hanya untuk memikirkan pakaian apa yang akan dikenakan ke kantor. Sehingga ketika sampai di kantor, kekuatan otak akan tetap maksimum dan dapat digunakan untuk memikirkan hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan.

"Jika kamu mengkhawatirkan apa yang kamu pakai, kamu akan menjadi tidak fokus. Ketika kamu memiliki seragam, ini membebaskanmu. Inilah yang membuat aku nyaman, inilah siapa diriku," ujar Amy seperti dikutip Chicago Tribune.

Amy memakai baju yang sama saat bekerja bukan hanya ketika ke kantor. Saat berpergian untuk urusan pekerjaan ke luar negeri pun hal serupa dilakukannya. Dia merasa apa yang dilakukannya membuat waktu berkemas atau packing menjadi lebih efisien. Saat berpergian ke Paris belum lama ini misalnya dia hanya membawa dua setelan dan tujuh scarf.

Yang membuatnya semakin yakin bahwa apa yang dilakukannya memang bisa membawa kesuksesan adalah karena dia tetap mendapat pujian dari para kolega atau teman. Mereka justru memperhatikan detail kecil pada busananya, seperti sepatu atau anting yang dikenakannya.

Langkah Amy untuk memakai baju yang sama setiap hari ke kantor sehingga kinerja otaknya lebih maksimal saat bekerja ini didukung oleh ilmuwan neurosains yang juga penulis The Organized Mind: Thinking Straight in the Age of Information Overload, Daniel Levitin. Menurut Daniel, kegiatan memilih baju untuk ke kantor setiap harinya bisa membakar glukosa. Ketika hal itu terjadi otak akan mengalami kelelahan sehingga dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi.

"Jika kita bisa menyederhanakan hidup seperti makan makanan yang sama untuk sarapan atau memakai baju yang sama setiap hari, itu bisa membuat otak lebih bebas memikirkan keputusan lain yang perlu diambil," kata Daniel.

Beberapa orang yang sukses dalam pekerjaannya diketahui memang memakai baju 'seragam' setiap harinya. Contohnya saja pendiri Apple, Steve Jobs yang identik dengan baju turtleneck, dan pendiri Facebook, Mark Zuckenberg yang selalu memakai t-shirt abu-abu.

(eny/fer)