5 Cara Sederhana Untuk Membangkitkan Rasa Percaya Diri yang Rendah

- wolipop Selasa, 05 Mei 2015 15:53 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock
Jakarta -

Percaya diri adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Tanpanya, kita tidak akan mampu berinteraksi dengan orang lain dan menunjukkan potensi yang dimiliki. Namun ternyata masih banyak para wanita muda Indonesia yang memiliki rendahnya rasa percaya diri sehingga mereka tampak ragu dan malu untuk mencoba suatu hal baru.

Salah satu penyebab rendahnya rasa percaya diri adalah perbedaan pesan yang disampaikan dari orang tua, teman, atau pihak lain terhadap diri sendiri. Perbedaan tersebut bisa menciptakan konflik atau kesalahpahaman antara dua individu atau lebih.

"Penyebab lainnya adalah tuntutan peran yang terlalu berat kepada si individu tersebut. Misalnya, dia dituntut harus kurus, harus, pintar, harus cantik. Tuntutan-tuntutan itu yang menyebabkan mereka memiliki rasa percaya diri yang rendah," ujar psikolog Vera Itabiliana di acara Marina FUNtastic You di Hotel Gran Melia Kuningan, Jakarta Selatan, Selana (5/5/2015).

Tetapi jangan dulu berkecil hati, Vera mengatakan ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri agar bisa terlepas dari tuntutan peran tersebut. Seperti apa?

1. Menghargai Diri Sendiri
Ini adalah hal yang paling penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri yang rendah. Belajarlah menghargai diri sendiri dimulai dengan cara yang paling mudah. Misalnya, merawat diri ke salon atau berpenampilan yang menarik. Dengan begitu, orang lain pun lebih menghargai Anda.

2. Visualisasikan Masa Depan
Psikolog yang sehari-harinya praktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini menyarankan untuk membuat gambaran tentang diri kita di masa depan. "Gampang, coba pejamkan mata dan bayangkan diri kita di lima tahun ke depan akan seperti apa. Bayangkan dengan detail, mulai dari lokasinya, pakaiannya, suasana sekelilingnya, tentunya harus bayangan yang positif ya," lanjutnya lagi.

3. Membuka Wawasan
Di zaman yang serba canggih ini, menambah wawasan dapat dilakukan di mana saja. Berbagai gadget dan teknologi sudah tersedia untuk mempelajari berbagai hal-hal baru yang belum diketahui sebelumnya. Jadikan ini sebagai ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri agar mampu berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

4. Menulis Buku Harian
Bagi sebagian orang, cara ini memang dianggap kuno. Namun Vera mengatakan menulis buku harian bisa memunculkan rasa percaya diri. "Biasakan setiap hari menulis satu hal baik yang sudah Anda lakukan pada hari itu. Usahakan tulis setiap hari agar Anda bisa membaca-baca kembali hal-hal positif tersebut saat sedang tidak percaya diri," katanya.

5. Berhenti Membandingkan
Psikolog spesialis anak dan remaja tersebut mengatakan berhentilah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sering kali, perbandingan tersebut membuat para wanita muda menjadi kurang percaya diri karena beranggapan ada yang lebih baik darinya.

"Setiap orang punya keunikan masing-masing yang ditonjolkan. Jadi kalau kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain saya rasa tidak adil. Jadilah diri sendiri, tanpa harus dibayang-bayangi oleh orang lain," tutupnya.

(int/fer)