Hari Perempuan Internasional, Perayaan Kemajuan Wanita di Segala Bidang

- wolipop Senin, 09 Mar 2015 13:38 WIB
Dok. Getty Images Dok. Getty Images

Jakarta - Selamat Hari Perempuan Internasional! Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari perempuan internasional atau International Women's Day (IWD) yang merupakan perayaan yang khusus ditujukan untuk wanita di seluruh dunia karena kesuksesannya meraih prestasi dalam segala bidang seperti ekonomi, politik dan sosial.

Bagaimana awal mulanya peringatan internasional ini terbentuk?

Pada 1908, terjadi kerusuhan besar dan perdebatan sengit di antara para wanita. Penindasan dan ketidakadilan kepada kaum wanita membuat mereka menjadi lebih aktif dalam menyuarakan pemikirannya pada setiap kampanye sehingga membuat sekitar 15 ribu wanita di New York melakukan pawai panjang dalam rangka menuntut upah yang lebih baik, hak suara dan jam kerja lebih pendek.

Kemudian di tahun 1911, IWD awalnya hanya diakui di negara-negara Eropa seperti Austria, Denmark, Jerman dan Swiss pada 19 Maret. Hal ini membuat lebih dari satu juta wanita dan pria mengadakan kampanye demonstrasi untuk mengakhiri diskriminasi pada wanita.

Namun seminggu berselang, terjadi sebuah tragedi tragis di New York yang merenggut nyawa lebih dari 140 wanita yang sebagian besar adalah imigran. Peristiwa ini menarik perhatian bagi pemerintah Amerika Serikat yang menjadikannya sebagai fokus utama pada penyelenggaraan IWD.

Sejak saat itulah, IWD telah berkembang menjadi hari peringatan internasional dan mendapatkan pengakuan di seluruh negara maju dan berkembang. Selama beberapa dekade, IWD telah mengadakan konferensi tahunan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya internasional dalam hak serta partisipasi wanita pada berbagai bidang.

Beberapa organisasi di seluruh dunia juga merayakan IWD dengan menggelar acara besar-besaran. Acara ini bertujuan untuk menghormati kemajuan wanita serta meningkatkan kewaspadaan untuk memastikan bahwa kesetaraan wanita diperoleh dan dipelihara dalam semua aspek kehidupan.

Sebagai contoh, organisasi perserikatan bangsa-bangsa (PBB) yang telah bertahun-tahun menyelenggarakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran para wanita dalam beramal. Hasil sumbangan tersebut seluruhnya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Perayaan IWD juga diperingati dengan menyematkan pita ungu sebagai bentuk penghormatan. Warna ungu merupakan simbol yang melambangkan keadilan dan martabat, dua nilai yang sangat erat kaitannya dengan kesetaraan wanita.

Di berbagai negara, perayaan yang dilakukan berupa bentuk penghargaan terhadap wanita melalui ungkapan rasa cinta, sama seperti Hari Ibu dan Hari Valentine. Bahkan di China, Rusia, Vietnam, dan Bulgaria, IWD diperingati sebagai hari libur nasional.

Setiap tahunnya, IWD mengusung berbagai tema yang menjadi fokus tujuan kegiatan. Di tahun 2015 ini, 'Make It Happen' menjadi tema utama yang bermaksud mengajak para wanita untuk membuat suatu aksi sosial yang efektif demi memajukan berbagai kegiatan positif.





(int/hst)