Liputan Khusus Grafologi

Suka Marah-marah? Cek Kecerdasan Emosi Lewat Tulisan Tangan

- wolipop Jumat, 23 Agu 2013 11:27 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Grafologi merupakan ilmu analisis tulisan tangan. Di balik tulisan seseorang banyak makna tersembunyi di dalamnya, termasuk sifat-sifat yang disadari ataupun tidak oleh penulisnya. Tulisan tangan juga mengungkap bagaimana tingkat emosional Anda.

Grapho coach, Yosandy LS, meminta Anda untuk menulis hal-hal yang sedang dipikirkan sekitar setengah halaman di atas kertas polos tanpa garis menggunakan pulpen standar. Ingat, hindari memakai pulpen boxy atau faster. Kemudian bubuhkan tanda tangan di bawahnya. Jika ingin membaca tingkat EQ Anda, perhatikan bentuk tulisan sendiri.

Emotional Quotient (EQ) mempengaruhi 80 persen dari keberhasilan seseorang. Maka dari itu, penting mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional Anda. Seperti yang dikutip dari buku 'Kaya dengan GraphoSelling' karya Yosandy, Anda bisa mengetahui tingkat emosional melalui kemiringan tulisan tangan.

1. Kemiringan Tulisan ke Kanan
Jika tulisan tangan miring ke kanan, orang tersebut sangat peduli, mudah ditebak saat sedang sedih atau senang, dan ekspresif. Ia juga mudah terbawa perasaan. Akan tetapi, bila kemiringan terlalu ekstrem menunjukkan bahwa orang tersebut dramatis, cemburuan, dan posesif.

2. Kemiringan Tulisan ke Kiri
Berbeda dengan seseorang yang mempunyai kemiringan tulisan ke kiri. Hal itu menunjukkan bahwa ia cukup menjaga jarak dengan orang lain. Ia hanya ingin berbagi pikiran serta perasaannya kepada orang-orang yang membuatnya nyaman. Kemiringan tulisan ke kiri juga menunjukkan bahwa ia orang yang introvert, kurang sensitif, mudah cemas, mandiri, tapi cenderung tertekan.

Bila kemiringannya terlalu ekstrem ke kiri berarti ia lebih suka menyendiri. Penulis ini akan bersosialisasi hanya karena kebutuhan atau pekerjaan. Ia tampak egois, keras kepala, dan kurang detail.

3. Kemiringan Tulisan Tegak atau Lurus
Bagaimana dengan emosi seseorang yang tulisannya tegak atau lurus tidak ke kanan ataupun ke kiri? Tulisan yang tegak atau lurus mengungkapkan bahwa ia bisa mengendalikan emosinya. Ia merupakan sosok yang rasional, mengutamakan logika daripada perasaan, dan mampu mengambil keputusan dengan baik. Ia juga lebih terbuka, mandiri, serta logis.

4. Bergelombang
Berbeda dengan seseorang yang kemiringan tulisan tangannya tidak menentu, kadang kiri, kanan, atau lurus, sehingga tulisannya tampak bergelombang. Penulis yang memiliki kemiringan bervariasi merupakan tipe orang yang sulit ditebak atau moody. Emosinya bisa terkendali tapi kadang tak terkontrol. Menurut Yosandy, tidak sedikit orang yang memiliki kemiringan tulisan bervariasi. Hampir sebagian besar kemiringannya tidak teratur.

Karakteristik lainnya untuk tulisan tangan dengan kemiringan bervariasi adalah sering bingung, sulit membuat keputusan, kurang pertimbangan, tidak disiplin, serta kurang jujur. Pria yang telah belajar ilmu grafologi sejak 1996 itu menyarankan, bila ingin mengubah tulisan tangan lebih baik menulis dengan kemiringan sedikit ke kanan yang akan membuat Anda berpikir memakai logika, mampu mengekspresikan diri pada tempatnya, serta berempati pada kondisi yang tepat.



(aln/fer)