Cara Meningkatkan Kredibilitas Anda dalam Berbisnis

- wolipop Rabu, 09 Jan 2013 17:30 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Tingkat keberhasilan dalam berbisnis berbanding lurus dengan seberapa cepat Anda bisa meningkatkan kredibilitas pada para investor dan juga rekan bisnis. Jika Anda ingin meningkatkan kredibilitas, ikuti saja beberapa tips dari Randall Murphy, seorang direktur dari sebuah perusahaan profesional dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, Acclivus, seperti dikutip dari situs Inc. Dengan begitu, orang lain akan bisa mulai mempercayai Anda.

1. Berusaha Jujur dan Apa Adanya Terhadap Diri Anda
Jika sebuah perusahaan sudah mendapatkan nama besar di masyarakat, maka saatnya Anda untuk bisa mempertahankan itu semua. Menjadi diri sendiri dan jujur terhadap apa yang dikerjakan dapat meningkatkan kredibilitas Anda dalam merepresentasikan sebuah perusahaan. Di sisi lain, para investor dan rekan kerja justru akan lebih menghargai Anda.

2. Mengetahui Nilai-nilai dari Perusahaan dan Pekerjaan yang Dijalankan
Jika bekerja di sebuah perusahaan, hendaknya Anda mengetahui betul nilai-nilai dari kantor tersebut. Sehingga apabila Anda diminta untuk presentasi atau bertemu rekan bisnis, Anda bisa berkomunikasi dengan baik untuk menyampaikan apa yang dimiliki oleh perusahaan Anda secara lebih percaya diri.

3. Memiliki Wawasan yang Luas Berdasarkan Riset dan Analisis
Jika Anda berbincang ataupun rapat dengan rekan bisnis, hendaknya Anda memiliki wawasan yang luas. Wawasan yang luas berdasarkan riset dan analisis dapat meningkatkan kredibilitas Anda di mata rekan bisnis ataupun boss.

4. Mampu Menjadi Pendengar dan Komentator yang Baik
Dalam sebuah perbincangan bisnis ataupun rapat, sebaiknya Anda bisa mendengarkan apa yang disampaikan oleh tiap orang pada pertemuan tersebut dengan baik. Setelah Anda mendengarkan saran ataupun kritik dari perbincangan tersebut, Anda bisa memberikan komentar atapun mengajukan sebuah pertanyaan. Sehingga nantinya tidak akan salah membuat suatu keputusan.

5. Hindari Pembicaraan Tentang Penawaran Penjualan Bisnis
Jika Anda sebagai salah satu representatif perusahaan untuk menjualkan sebuah brand, hindari untuk memberikan penjualan-penjualan yang akan merugikan perusahaan seperti; ‘jaminan uang kembali’ atau ‘tidak terbukti, uang Anda kembali 10x lipat’. Sebab hal tersebut justru akan merugikan Anda dan perusahaan.

6.Menjadi Solution Maker
Dalam berbisnis, alngkah lebih baik bila Anda bisa menjadi seseorang yang mampu menangani sebuah masalah dan dapat memberikan sebuah solusi yang baik terhadap masalah tersebut. Dengan demikian, kredibilitas dapat meningkat karena Anda dipandang mampu untuk menyelesaikan sebuah masalah dan memberikan solusi yang terbaik bagi perusahaan atau bisnis Anda.



(rma/rma)