ADVERTISEMENT

TikTok Viral Verificator

Viral Pernikahan Unik, Pengantinnya Disambut Upacara Tongkat Pora Pramuka

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 30 Des 2022 05:00 WIB
Pengantin yang sedang menjalani prosesi Tongkat Pora di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan. Pengantin menjalani prosesi Tingkat Pora. Foto: Dok. TikTok @bangdion05.
Sumatera Selatan -

Pengantin dalam video TikTok ini viral jadi sorotan karena menjalani prosesi unik di pernikahannya. Jika biasanya pengantin yang mempelainya seorang prajurit militer menjalani upacara pedang pora, kali ini pasangan viral itu mengikuti prosesi Tongkat Pora.

Tongkat Pora berasal dari kata Tongkat Pura yang berarti Gapura Tongkat, yang merupakan tradisi gerakan pramuka. Melambangkan solidaritas, persaudaraan, pemberian restu dan doa perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pernikahan unik dengan upacara Tongkat Pora ini viral setelah diunggah oleh akun TikTok @bangdion05. Dalam video yang diunggah terlihat kedua mempelai disambut dengan anggota Pramuka yang siap memegang tongkat.

"Pakai stuk dulu ya nanti baru pakai pedang. Stukpora pramuka#sumateraselatan #pramuka #jalesvevajayamahe," tulis akun TikTok @bangdion05.

@bangdion05 Stukpora pramuka#sumateraselatan #pramuka #jalesvevajayamahe ♬ suara asli - Dionsaputra

Unggahan Dion yang memperlihatkan pengantin menjalani prosesi Tongkat Pora ini sudah dilihat lebih dari 706 ribu Views dan mendapatkan beragam komentar dari warganet.

"Kreatif nih..baru pertama kali lihat soalnya😁," puji pengguna akun TikTok @Nairaaaze🦋.

"Kemarin lihat yang pedang pora pake lempar lemparan bola voli, sekarang pake tongkat pramuka," ucap @acaa🤍🪐✨.

"Menurut gue baguss kok 👍👍," puji akun @breng shake.

Keren," kagum akun @Noname.

"Pasti pelatih pramuka nih yang nikah," duga akun @helllllboy09.

"Dulu mantan gue pegiat pramuka istri nya juga pegiat pramuka pas nikah pakai gini-gini an viral seranting cabang pasti dulu ngerasanya keren banget," timpal akun @delirium.

Pengantin yang sedang menjalani prosesi Tongkat Pora di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan.Pengantin yang sedang menjalani prosesi Tongkat Pora di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan. Foto: Dok. TikTok @bangdion05.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Dion saputra yang mengunggah pengantin menjalani prosesi tongkat pora Pramuka. Remaja 18 tahun ini menceritakan kisah di balik unggahannya.

"Pengantin yang menikah itu pembina Pramuka," ungkap Dion kepada Wolipop, Rabu (28/12/2022).

Acara pernikahan pembina Pramuka itu digelar di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan. Dion sendiri juga aktif menjadi salah satu anggota Pramuka.

Pengantin yang sedang menjalani prosesi Tongkat Pora di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan.Pengantin yang sedang menjalani prosesi Tongkat Pora di Pemulutan Ilir, Sumatera Selatan. Foto: Dok. TikTok @bangdion05.

(gaf/eny)