ADVERTISEMENT

7 Rangkaian Pernikahan Adat Jawa yang Akan Dijalani Kaesang dan Erina

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 08 Des 2022 05:00 WIB
Jakarta -

Sederet prosesi akan dijalani Kaesang Pangarep dan Erina Gudono untuk hari pernikahan mereka. Inilah rangkaian pernikahan adat Jawa yang akan diikuti Erina dan Kaesang.

Pernikahan Kaesang dan Erina akan digelar di dua kota. Pertama untuk akad nikah, keduanya akan melakukannya di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Dan rangkaian pernikahan selanjutnya yang akan dijalani Erina dan Kaesang adalah ngunduh mantu atau tasyakuran. Ngunduh mantu yang dilakukan Presiden Jokowi sebagai ayah dari Kaesang ini digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu (11/12/2022).

Berikut selengkapnya rangkaian pernikahan adat Jawa Kaesang Pangarep dan Erina Gudono:

1. Semaan Al Quran

Semaan Al-Qur'an menjadi tradisi dalam pernikahan adat Jawa. Semaan artinya menyimak. Sesuai dengan maknanya calon pengantin akan menyimak dan mendengarkan bacaan Al-Qur'an. Semaan Al Quran digelar di rumah masing-masing Kaesang dan Erina pada Kamis (8/12/2022).

2. Pemasangan Bleketepe

Setelah Semaan Al Quran, pernikahan adat Jawa yang akan dijalani Kaesang dan Erina adalah pemasangan bleketepe pada Jumat (9/12/2022). Biasanya bleketepe dipasang orangtua pengantin untuk menandakan keluarga akan menggelar hajatan pernikahan. Bleketepe juga bisa menjadi simbol sebuah harapan.

Puteri Indonesia DIY 2022 Erina GudonoPuteri Indonesia DIY 2022 Erina Gudono akan menjalani prosesi langkahan sebelum menikah dengan Kaesang. Foto: Instagram/@erinagudono

3. Langkahan

Informasi dari Wedding Organizer (WO) pernikahan Erina dan Kaesang yaitu Pengantin Prod, calon mempelai wanita akan menjalani prosesi langkahan. Sebab Erina Gudono melangkahi dua kakaknya yang belum menikah.

Seperti dikutip dari weddingku, upacara langkahan pada prinsipnya adalah suatu permohonan ijin sang adik kepada kakaknya untuk menikah lebih dulu. Sebagai simbol penghormatan, sang kakak diperbolehkan meminta apa saja sebagai syarat pelangkah yang akan disediakan oleh calon pengantin. Plangkahan yang diserahkan oleh sang adik untuk sang kakak, dimaksudkan agar sang kakak dapat dengan ikhlas memberikan ijin kepada adiknya untuk menikah terlebih dahulu.

4. Siraman

Prosesi pernikahan adat Jawa Kaesang dan Erina selanjutnya pada Jumat (9/12/2022) adalah siraman di rumah masing-masing. Pada prosesi siraman ini akan digunakan air dari tujuh sumber mata air.

Dalam tradisi Jogja, prosesi siraman dilanjutkan dengan kerikan atau mengambil rambut bayi milik pengantin perempuan. Carik Kawedanan Radya Kartiyasa Keraton Yogyakarta, Siti Amieroel Noorsundari menambahkan pada adat Jogja biasanya tidak ada prosesi suap-suapan dalam rangkaian siraman. Hal ini berbeda dengan adat Surakarta.

5. Midodareni

Malam hari setelah siraman, Erina Gudono dan Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi midodareni. Menurut pernikahan adat Jawa, midodareni merupakan acara yang digelar menjelang akad nikah. Biasanya calon pengantin pria beserta keluarga bertandang ke rumah calon pengantin wanita untuk meminta restu dari keluarga besar calon pengantin wanita.

Pada malam midodareni ini biasanya calon pengantin wanita tidak diperbolehkan keluar kamar dan bertemu dengan calon suaminya. Namun, calon pengantin wanita tetap didandani dan mengenakan kebaya sambil ditemani sepupu-sepupu perempuannya.

6. Akad Nikah

Finalis Puteri Indonesia 2022 Erina Gudono menjalani akad nikah dengan Kaesang Pangarep pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta. Digelar dengan adat Keraton Yogyakarta, pada momen akad nikah ini, hanya pengantin pria yang dihadirkan. Sedangkan pengantin perempuan akan disembunyikan hingga prosesi panggih dilakukan.

7. Panggih

Setelah akad nikah, prosesi pernikahan adat Jawa yang akan dijalani putra bungsu Presiden Jokowi dan Erina adalah panggih. Upacara panggih melambangkan pertemuan awal antara pengantin wanita dengan pengantin pria yang masing-masing masih dalam keadaan suci.

Prosesi panggih sendiri memiliki sederet rangkaian upcara. Wedding organizer Wigung Wratsangka yang mengurus pernikahan Erina dan Kaesang mengatakan kedua pengantin akan menjalani Upacara Wijik Tigan, Tompo Koyo hingga Dahar Klimah.

Itulah rangkaian pernikahan adat Jawa yang akan dijalani Erina dan Kaesang Pangarep. Setelah akad nikah dan upacara panggih di Yogyakarta, keduanya akan menghadiri acara ngunduh mantu atau tasyakuran hingga kirab yang digelar di Solo pada Minggu (11/12/2022).

(eny/eny)