ADVERTISEMENT

Ini Rangkaian Upacara Pernikahan Kaesang dan Erina yang Kental Budaya Yogya

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 07 Des 2022 15:30 WIB
Kaesang dan Erina Foto: Instagram @erinagudono @iluminen
Jakarta -

Dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Sabtu (10/12/2022) nanti akan kental dengan budaya Yogyakarta. Keduanya akan menjalani serangkaian upacara budaya. Detailnya pun telah terungkap oleh wedding organizer Wigung Wratsangka
di acara pernikahan Kaesang dan Erina.

1. Upacara Panggih


Setelah akad nikah dilangsungkan upacara panggih. Dalam tradisi adat Yogyakarta upacara panggih merupakan pertemuan kedua mempelai pengantin, di mana mempelai wanita menyerahkan pisang sanggar.

"Pisang sanggar itu diserahkan sebagai simbol permohonan agar kedua mempelai dipertemukan, dipanggihkan dengan upacara kultur," ungkap Wigung Wratsangka.

Owner Asmoro Decoration Ranu Asmoro (40) mengungkapkan ide di balik tema Mataram Islam acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Selasa (6/112/2022).Owner Asmoro Decoration Ranu Asmoro (40) mengungkapkan ide di balik tema Mataram Islam acara Tasyakuran Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Selasa (6/112/2022). Foto: Agil Trisetiawan Putra/detikJateng

2. Upacara Wijik Tigan


Upacara ini memiliki simbol bahwa kelahiran, jodoh, dan mati adalah kuasa tuhan dan manusia hanya sekadar menjalani. Kemudian wijik (mangkuk) dipecah dan dihampar sebagai simbol agar kedua mempelai dikaruniai anak sebagai penyambung sejarah," tambah Wigung.

3. Peradak Sina


Setelah upacara wijik tigan, dilanjutkan dengan peradak sina. Di mana Erina Gudono akan akan berjalan searah jarum jam. "Kemudian berada di samping kirinya pengantin pria kemudian diiringi oleh ibu Gudono dan mas Allen mewakili almarhum ayah menuju pelaminan," jelas Wigung.

Kapan Kaesang menikah? Waktu pernikahan Kaesang dengan Erina menjadi perbincangan publik. Simak sederet informasi jelang pernikahan Kaesang dan Erina.Jelang pernikahan Kaesang dengan Erina Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng

4. Upacara Bubak Kawah Ngunjuk Rujak Degan


Di pernikahan Kaesang dan Pangarep juga akan ada upacara Bubak Kawah Ngunjuk Rujak Degan. Harapan upacara ini adalah agar pernikahan ini menurunkan anak-anak keturunan yang memiliki kelebihan yang baik oleh Tuhan.

5. Upacara Tompo Koyo


Dalam upacara ini nantinya Kaesang akan menuangkan benih-benih sebagai simbol bahwa benih suami hanya untuk istri. Ada uang recehan dalam upacara ini yang artinya tidak ada besar tanpa kecil, tidak ada banyak tanpa sedikit.

6. Dlingo Bengle Empon-empon


"Dlingo Bengle Empon-empon sebagai lambang semoga kedua mempelai diberi kesehatan kesejahteraan," ucap Wigung. Dalam acara ini juga akan banyak dihiasi dengan bunga setaman.

7. Upacara Dahar Klimah


Dalam upacara ini, Erina Gudono akan makan nasi kuning. "Nasi klimah hanya dimakan pengantin putri. Beda kalau di Solo saling suap," ungkap Wigung.

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilaksanakan di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo. Lokasi tersebut kental dengan nuansa Jawa dan sarat nilai sejarah.



Simak Video "Teka-teki Hilangnya Kaesang Pangarep dari Twitter Kini Terjawab"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)