ADVERTISEMENT

Lama Pacaran yang Ideal Sebelum Memutuskan Menikah Menurut Penelitian

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Senin, 24 Okt 2022 13:15 WIB
ilustrasi pasangan/seks Ilustrasi pasangan pacaran. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis
Jakarta -

Pacaran merupakan masa penjajakan yang umum dilewati pasangan sebelum memutuskan menikah. Ada yang baru menikah setelah bertahun-tahun pacaran, ada pula yang sudah mantap ke pelaminan hanya beberapa bulan saling mengenal.

Menjalin hubungan bertahun-tahun tak selalu jadi jaminan pasangan berakhir dengan pernikahan. Banyak pula yang langsung mantap membina rumah tangga hanya dalam pertemuan singkat.

Perjalanan cinta pasangan hingga ke pernikahan memang bisa berbeda-beda. Namun menurut penelitian, ada waktu ideal pacaran sebelum memutuskan menikah. Berapa lama?

Pada 1980, peneliti mendokumentasikan kehidupan percintaan 168 pasangan selama 14 tahun, di mulai dari 1981. Penelitian yang disebut PAIR Project ini menemukan pasangan menikah yang bahagia sebelumnya berpacaran selama lebih dari dua tahun. Lebih tepatnya, 25 bulan pacaran.

Sementara itu penelitian yang dilakukan pada 2008 terhadap 633 wanita yang telah menikah mengungkap masa pacaran yang lebih lama. Survei menunjukkan wanita yang berpacaran sekitar 3,5 tahun lebih bahagia dengan pernikahannya.

Penulis dari penelitian itu, Shauna Springer di jurnal berjudul Marriage of Equals: The Successful Joint (Ad)Ventures of Well-Educated Couples, mengungkapkan fase romantisme yang hangat dalam tiap hubungan umumnya bertahan selama dua tahun. Menurut Shauna, berkencan lebih dari dua tahun membuka kesempatan yang lebih baik untuk menikah.

Setelah berpacaran minimal dua tahun dengan pertemuan yang intens, kamu dan pasangan sudah saling terbiasa bersama. Selain itu juga telah menghadapi berbagai konflik bersama, belajar tentang sikap dan sifat satu sama lain.



Simak Video "Hubungan Asmara Zendaya-Tom Holland Dikabarkan Makin Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)