Berapa Perbedaan Usia Ideal untuk Miliki Pernikahan Awet? Ini Kata Riset

Vina Oktiani - wolipop Senin, 19 Agu 2019 16:52 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta -

Cinta itu buta dan tidak mengenal usia. Faktor usia bagi beberapa orang bukanlah suatu masalah karena yang terpenting adalah cinta satu sama lain. Namun bagaimana jika anggapan tersebut tidaklah benar? Bagaimana jika ternyata faktor usia cukup berperan penting untuk menentukan berapa lama usia suatu hubungan?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, tepatnya di Emory University di Atlanta, faktor usia cukup berperan untuk menentukan lamanya suatu hubungan. Penelitian ini dilakukan pada 3,000 orang yang sudah pernah menikah.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa semakin besar perbedaan usia pasangan maka semakin besar pula risiko untuk berpisah. Hal ini dikarenakan pasangan yang berbeda usia cukup jauh tidak memiliki tujuan dan ketertarikan yang sama.


Riset yang dilakukan universitas di Atlanta itu menemukan pasangan dengan perbedaan usia lebih dari lima tahun memiliki risiko 18% untuk berpisah, Sedangkan mereka yang berbeda usia lebih dari 10 tahun risiko bercerai bertambah menjadi 30%.

Dan pasangan yang perbedaan usianya hingga lebih dari 20 tahun, 95% berisiko untuk berpisah. Hal ini dapat terjadi karena pasangan dengan rentang usia cukup jauh memiliki pandangan yang sangat berbeda, dan kemungkinan untuk memiliki kesenangan dan mimpi yang sama sangatlah kecil.

Tidak hanya faktor usia, peneliti juga melihat faktor lain yaitu anak, lamanya masa pacaran, biaya pernikahan, pendidikan, dan banyak faktor lainnya. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa pasangan yang memiliki perbedaan besar dalam pendidikan memiliki risiko sebesar 43% untuk berpisah.

Berdasarkan riset mereka itu, para peneliti pun menemukan berapa sebenarnya perbedaan usia ideal pasangan agar hubungan pernikahan langgeng. Dan jawabannya adalah mereka yang perbedaan umurnya hanya satu sampai tiga tahun. Menurut riset, pasangan yang berada di kelompok ini memiliki peluang lebih besar untuk memiliki hubungan jangka panjang karena risiko untuk berpisah sangat kecil, yaitu kurang dari 3%.

Namun langgeng atau tidaknya pernikahan karena perbedaan usia ini tidak berarti ini berlaku pada semua pasangan. Dalam sebuah hubungan, yang utama tetaplah adanya rasa cinta, saling menghormati, dan kenyamanan.


Simak Video "Unik! Pengantin Baru Ini Abadikan Momen Pernikahan di Bawah Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)