Pengantin Baru Viral Bukan Naik Mobil Mewah Tapi Truk bak Terbuka

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 22 Mei 2022 17:07 WIB
Viral pengantin diiringi menggunakan truk terbuka. Viral iring-iringan pengantin menggunakan truk terbuka. Foto: Dok. Mstar.
Malaysia -

Mobil pengantin biasanya identik dengan kendaraan yang mewah di mana pengantin bisa duduk nyaman di dalamnya. Namun pengantin yang viral ini berbeda. Mobil pengantinnya adalah truk bak terbuka.

Pasangan pengantin dari Tanjung Piandang, Perak ini memilih truk dengan belakang terbuka sebagai kendaraan iringan pengantin. Dikutip dari Mstar, truk tersebut dihias layaknya mobil pengantin.

"Selamat Pengantin Baru Iqbal..#BigBossSA #fyp #fypシ゚viral #RancakRaya #fypシ #tiktokmalaysia," kata keterangan video akun TikTok @sahirrosle.
Dalam video yang viral tampak di depan dan belakang truk warna merah itu ada tulisan ucapan selamat untuk kedua pengantin yang bernama Iqbal dan Rose.


"Truk bawa barang ❎
Truk bawa pengantin ✅," tulis akun TikTok @sahirrosle.

@sahirrosle Selamat Pengantin Baru Iqbal..#BigBossSA #fyp #fypシ゚viral #RancakRaya #fypシ #tiktokmalaysia ♬ Pengantin Bersanding - Dato' M.Daud Kilau

Dalam video yang berdurasi 52 detik itu terlihat pasangan pengantin memakai busana serba hijau hendak naik ke atas mobil jenis truk. Ada hiasan bunga manggar atau bunga yang dibentuk dari kertas kilap warna-warni dan pohon tebu di dalam truk. Terdapat dua kursi plastik yang sudah dilapisi kain untuk tempat duduk kedua pengantin.

Kedua pengantin kemudian disambut para keluarfa yang menanti mereka untuk mengiringi ke pelaminan. Kakak pengantin pria, Rozita Muhamed menuturkan tradisi ini merupakan turun-temurun keluarganya.

Viral pengantin diiringi menggunakan truk terbuka.Foto keluarga pengantin. Foto: Dok. Mstar.

"Tradisi ini awalnya dari kakek, saat itu om yang baru menikah dibawa menggunakan Hilux. Ia kemudian diturunkan kepada anak cucu hingga kini," ucap Rozita seraya menyebutkan bahwa pengantin naik mobil Toyota Hilux yang termasuk jenis truk.

"Saya dulu pun dirayakan seperti itu. Ditambah suami merupakan cucu sulung dari kakek jadi memang perlu merayakan. Kali ini, seluruh keluarga memilih truk terbuka sebagai kendaraan yang membawa pengantin usulan dari paman," lanjut Rozita yang akrab disapa Kak Yong.

Wanita 49 tahun itu menuturkan setiap keluarga yang akan menikah tidak sabar akan mengadakan tradisi tersebut. "Bagi setiap acara pernikahan pada malam hari membuka hadiah, keluarga diwajibkan untuk menyumbangkan hadiah," sebut Kak Yong.

Viral pengantin diiringi menggunakan truk terbuka.Viral pengantin diiringi menggunakan truk terbuka. Foto: Dok. Mstar.

Kak Yong yang merupakan generasi ketiga keluarga Haji Tarmiji Ismail menambahkan keunikan mobil pengantin truk itu bukan hanya menggembirakan pasangan pengantin. Tetapi anak-anak juga ikut memeriahkan suasana pernikahan yang akan bersorak-sorai.

Penduduk sekitar pun tidak sabar ingin melihat perayaan. Kak Yong yang berasal dari Rub, Pahang, Malaysia ini menuturkan pengantin naik mobil truk dari Pantai Ban Pecah Tanjung Piandang hingga ke rumah yang menjadi lokasi resepsi pernikahan.

"Jalanan macet karena acara pernikahan berlangsung pada hari Raya keempat. Jadi, kami semua sepakat jika iring-iringan jaraknya kira-kira 100 meter saja dari rumah," lanjut Kak Yong.

Ia berharap agar tradisi iring-iringan mobil pengantin berupa truk terbuka tersebut bisa diteruskan oleh generasi selanjutnya. Ia mengingat pesan almarhum kakeknya yang berkata nasihat yang paling dijunjung adalah mengeratkan hubungan keluarga dan saling membantu keluarga yang kekurangan.

Viral pengantin diiringi menggunakan truk terbuka.Foto keluarga pengantin. Foto: Dok. Mstar.
(gaf/eny)