Kisah Perjuangan Bule Austria Demi Bertemu Suami Tukang Sapu DKI

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 04 Mar 2022 14:45 WIB
Foto pernikahan Arzum dan Awan saat menikah. Foto pernikahan Awanzha dan Arzum. Foto: Dok. Facebook Arzum Balli.
Austria -

Pasangan suami istri beda negara ini sempat membuah heboh warganet di media sosial. Sang istri merupakan bule asal Austria dan suaminya adalah pria yang bekerja sebagai Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) DKI Jakarta.

Wanita WNA tersebut bernama Romansa Arzum dan sang pria, petugas kebersihan DKI Jakarta bernama Bambang Irawan atau akrab disapa Awanzha atau Awan. Keduanya viral setelah cerita cinta mereka diunggah ke YouTube pada akhir Mei 2020. Kepada Wolipop, Arzum mengisahkan bagaimana dia dan Awan bisa berkenalan hingga menikah pada 2019. Kisahnya bisa dibaca DI SINI.

Arzum yang memiliki seorang anak dari pernikahan sebelumnya mengungkapkan ia dan Awan menjalani hubungan jarak jauh semenjak pandemi. Ingin pindah ke Jakarta, Arzum membagikan video perjuangannya mengurus dokumen agar bisa kembali ke Indonesia.

"Paspor aku sama Melody, surat keterangan kalau aku membayar semua karantina, ada surat asuransi, tiket pesawat. Pokoknya aku sudah terjemahin semua dokumen akte kelahiran, surat bukti kewarganegaraan, uangnya belum terkumpul buat beli tiket," kata Arzum di Youtube Awanzha Arzum.

"Aku di sini (Austria) tidak diam-diam saja. Aku juga lagi berjuang mengurus semua dokumen. Setelah itu aku ke kementerian luar negeri untuk melegalisir seluruh dokumen," tegasnya.

Setelah seluruh dokumen dilegalisir dan di-scan, Arzum mengirmkannya melalui E-mail ke Awan yang berada di Indonesia. Awan yang kemudian mencetak dan mengajukan visa.

Arzum mengaku sempat merasa kecewa saat ingin mengurus dokumen di Austria, pihak keamanan tidak memperbolehkannya untuk masuk. Sebab dia dia harus melakukan vaksin kedua terlebih dahulu atau tes antigen.

"Security bilang aku harus vaksin kedua atau test antigen di apotek, baru aku bisa masuk. Kesel banget aku, sakit hati banget rasanya, aku lagi menunggu hasilnya," jelasnya.

Setelah melakukan tes antigen, Arzum pun kembali ke tempat mengurus dokumen di Austria. Namun ternyata dia tetap tidak bisa masuk ke tempat tersebut.

"Pas aku sudah mengantre, giliran aku sudah daftar, aku harus ambil janjian, baru boleh masuk. Semenjak Corona harus janjian dulu," tuturnya kesal.

Arzum terpaksa pulang ke rumah sambil membawa seluruh dokumen. "Percuma aku berangkat, tes, aku pulang sekarang dan mau masak. Terus aku mau olahraga sedikit," ujarnya.

Hingga kini Arzum masih berusaha mengurus dokumen demi bisa bersatu lagi dengan Awan sang suami yang bekerja sebagai Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) DKI Jakarta.

(gaf/eny)