ADVERTISEMENT

Gelar Pernikahan Metaverse, Begini Penampilan Pengantin dalam Wujud Avatar

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 09 Feb 2022 14:15 WIB
Pasangan pertama yang gelar pernikahan metaverse Foto: Dok. SP Dinesh via CNN
Jakarta -

Karena pandemi Corona, banyak pasangan terpaksa mengubah rencana pernikahan mereka. Sepasang pengantin dari India pun beralih ke metaverse untuk bisa mengundang semua tamunya. Dikatakan menjadi yang pertama di dunia, pernikahan metaverse tersebut belum lama ini digelar. Bagaimana penampilan pengantin dan tamunya yang dihadirkan dalam wujud avatar?

Pasangan Dinesh Sivakumar Padmavathi dan Janaganandhini Ramaswamy telah menyelenggarakan pernikahan metaverse mereka pada 5 Februari lalu. Seperti yang direncanakan, mereka mengundang lebih dari 3.000 undangan dalam ruang digital yang terinspirasi Hogwarts. Dihadirkan pula sosok mendiang orang tua Janaganandhini sebagai tamu spesial.

Pasangan pertama yang gelar pernikahan metaversePasangan pertama yang gelar pernikahan metaverse Foto: Dok. TardiVerse via CNN

Dinesh mengaku terinspirasi mengadakan pernikahan metaverse setelah menonton sebuah video dari YouTube. Pria 25 tahun itu berpikir metaverse cocok untuk pernikahannya karena jadi bisa mengundang banyak orang sekaligus memberi hadiah kepada pengantinnya.

"Karena pandemi, resepsi fisik dan nyata tidak mungkin diadakan dengan banyak orang menghadiri jadi kami memutuskan untuk membuatnya dalam metaverse," kata Sivakumar kepada CNN.

"Ayah mertuaku meninggal April tahun lalu. Jadi aku menciptakan sebuah avatar 3D yang mirip dengannya dan dia bisa memberkatiku dan tunanganku. Itu sesuatu yang bisa kami lakukan di metaverse," lanjutnya.

Pasangan pertama yang gelar pernikahan metaversePasangan pertama yang gelar pernikahan metaverse Foto: Dok. TardiVerse via CNN

Untuk hari pernikahannya, pasangan tersebut memilih tema 'Potterheads' ala Harry Potter. Dinesh dan Janaganandhini menghadirkan diri mereka dan para tamu dalam wujud karakter 3D begitu juga ribuan undangan. Calon mempelai pria yang memang seorang pegiat kriptokurensi tersebut juga meminta bantuan TardiVerse untuk membuatnya wujud avatar ayah mertuanya.

Dalam ruang metaverse yang mereka hadirkan selama satu jam, pengantin baru dan tamu-tamu bisa mengeksplor istana yang menjadi 'tempat' resepsi. Tak hanya itu, mereka juga dapat memilih penampilan avatar masing-masing.

Dalam video yang diunggah para tamu dan pengantin bisa saling berinteraksi lewat avatar. Mereka dapat bersalaman dan menyapa, sesuatu yang tidak dapat dilakukan di pernikahan fisik saat pandemi.



Pernikahan resmi mereka sendiri dikatakan digelar secara fisik tapi hanya dihadiri keluarga dan teman-teman terdekat. Setelahnya, mereka baru beralih ke internet untuk menggelar pesta metaverse.






(ami/ami)