5 Doa Pernikahan Islam untuk Pengantin Baru, Agar Berkah dan Pasangan Setia

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 14 Jan 2022 05:30 WIB
gaun pengantin hijab anisa rahma Doa pernikahan Islam. Foto: Instagram Hijazpictura, januarychristymakeup, gazaimagecreated
Jakarta -

Pernikahan adalah momen membahagiakan bagi kehidupan pasangan. Berbagai doa pernikahan Islam pun bisa dipanjatkan untuk pengantin baru agar pernikahannya berkah.

Dalam Islam, pernikahan adalah ritual sakral yang menciptakan ikatan antara seorang pria dan seorang wanita untuk mengarungi kehidupan bersama. Dihadiri dengan disaksikan oleh para saksi dari pihak mempelai pria dan pihak mempelai wanita.

Syarat pernikahan diantaranya adalah mempelai pria harus membayar mahar, sejumlah uang, sebagai hadiah kepada mempelai wanita. Sebagaimana firman Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an:

"Dan berikanlah kepada wanita (yang kamu nikahi) mahar mereka (uang pengantin wajib yang diberikan oleh suami kepada istrinya pada saat pernikahan) dengan hati yang baik, tetapi jika mereka, karena kesenangan mereka sendiri, mengirimkan sebagian darinya. untukmu, ambillah, dan nikmatilah tanpa takut akan bahaya (sebagaimana Allah telah menghalalkannya) (4:4)"

Berbicara tentang pernikahan, beberapa doa pernikahan Islam ini bisa dibaca untuk pengantin baru berdasarkan Al-Qur'an. Tujuannya adalah agar kehidupan pernikahan yang dijalani nantinya menjadi berkah dan penuh keharmonisan.

Berikut ini doa pernikahan Islam untuk pengantin baru:

1. Doa untuk Ketenangan

Sebagian umat Islam mungkin mengalami kebimbangan kehidupan sebelum menikah dan setelah menjalani pernikahan. Saat mereka menjadi pasangan yang baru menikah, kecemasan mungkin datang. Itulah mengapa lebih baik membaca Surah Ar-Rum ayat 21 sebagai doa pernikahan Islam untuk ketenangan bagi pengantin baru.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya yang agung, Dia menciptakan bagimu berpasang-pasangan dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan tenteram dengannya, dan Dia menjadikan di antara kamu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir." (QS 30:21)

2. Doa Pernikahan Islam yang Berkah dari Allah

Penting bagi setiap Muslim untuk mendapatkan beberapa berkah Allah termasuk dalam pernikahan mereka. Oleh karena itu, sebagai pengantin baru yang mencari ridho Allah SWT dengan membacakan ayat Al-Qur'an Al Mumtahanah ayat 12

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

"Wahai Nabi! Ketika wanita yang beriman datang kepada Anda untuk melakukan Bai'at (janji setia), bahwa mereka tidak akan menyekutukan Allah; Tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anak mereka, tidak akan berdusta bahwa mereka mengarang antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakai Anda dalam urusan yang baik, maka terimalah janji kesetiaan mereka dan mintalah ampunan bagi mereka dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS 60:12)

3. Doa untuk Pernikahan yang Terbaik

Bagi pengantin baru, berharap pernikahan yang hebat atau terbaik dalah suatu keharusan. Karena mereka akan memiliki begitu banyak pengalaman dalam kehidupan pernikahan. Membaca Al-Qur'an surah Al Ahzab ayat 37 dapat membantu kehidupan pengantin baru menjadi lebih bersyukur.

وَاِذْ تَقُوْلُ لِلَّذِيْٓ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاَنْعَمْتَ عَلَيْهِ اَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللّٰهَ وَتُخْفِيْ فِيْ نَفْسِكَ مَا اللّٰهُ مُبْدِيْهِ وَتَخْشَى النَّاسَۚ وَاللّٰهُ اَحَقُّ اَنْ تَخْشٰىهُ

"Dan (ingatlah), ketika kamu (Muhammad) berkata kepada orang yang telah diberi nikmat oleh Allah dan kamu (juga) telah memberinya nikmat, "Jagalah istrimu dan bertakwalah kepada Allah," kamu menyembunyikan dalam hatimu apa yang akan diturunkan oleh Allah, dan kamu takut kepada manusia, padahal Allah lebih berhak kamu takuti. " (QS 33:37)

4. Doa agar Pasangan Aman atau Selamat

Sebagai pasangan pengantin baru, kamu mungkin mengalami sesuatu yang baru dalam hubungan antara kamu dan pasangan seperti mengetahui perbedaan antara Hibah dan Wasiyat. Itu membuat kamu sadar bahwa mungkin ada sesuatu yang tidak seperti yang kamu harapkan di kehidupan barumu sebelum pernikahan terjadi.

Membaca Al-Qur'an surah Al Ahzab untuk pasangan kamu lebih baik untuk membuatnya aman di sekitarmu. Doa pernikahan Islam ini juga bisa membuat kamu dan pasangan semakin nyaman menjalani kehidupan pengantin baru.


يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang beriman, "Hendaklah mereka menutupi seluruh tubuh mereka dengan cadar." Hal ini agar mereka lebih mudah dikenali sehingga tidak terganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS 33:59)

5. Doa untuk Memperkuat Pernikahan

Seperti kalimat pernikahan yang diucapkan oleh pasangan, keduanya menjadi pasangan halal dengan nama pernikahan. Itu membuat umat Islam memahami aturan untuk menjadi lebih dekat dengan pasangan mereka.

Seperti disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Ahzab ayat 52 yang bisa dibaca untuk pasangan yang baru menikah sebagai doa untuk memperkuat pernikahan. Doa ini sempurna untuk menghindari hubungan khusus yang tidak diinginkan dengan wanita atau pria lain.

لَا يَحِلُّ لَكَ النِّسَاۤءُ مِنْۢ بَعْدُ وَلَآ اَنْ تَبَدَّلَ بِهِنَّ مِنْ اَزْوَاجٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكَ حُسْنُهُنَّ اِلَّا مَا مَلَكَتْ يَمِيْنُكَۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ رَّقِيْبًا

"Tidak halal bagimu (Muhammad) menikahi wanita (lain) setelah itu, dan janganlah (juga) kamu menggantinya dengan istri (lainnya), meskipun kecantikan mereka menarik hatimu kecuali wanita (budak) yang kamu miliki. . Dan Allah Maha Mengawasi segala sesuatu." (QS 33:52)

Itulah beberapa doa pernikahan Islam untuk pengantin baru berdasarkan Al-Qur'an. Semoga Allah memberikan berkah bagi kehidupan pengantin baru kamu.



Simak Video "4 Drama Korea yang Bakal Tayang di Bulan Juli 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)