Liputan Khusus Nikah Siri dan Isbat Nikah

Isbat Nikah Setelah Nikah Siri, Ini Proses dan Syaratnya Agar Diakui Negara

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 03 Okt 2021 15:00 WIB
Lesti Kejora memakai siger. Pengertian isbat nikah. Foto pasangan Rizky dan Lesti. Foto: Dok. Instagram @aldiphoto.
Jakarta -

Lesti Kejora dan Rizky Billar menjadi sorotan publik usai menggelar pernikahan pada 19 Agustus 2021 dan disiarkan langsung di televisi. Kemudian secara mengejutkan keduanya mengaku telah melakukan nikah siri terlebih dahulu jauh sebelum acara pernikahan mewah tersebut. Sontak membuat berbagai respon dari publik. Dan tak sedikit yang mengatakan jika pasangan tersebut telah membohongi publik.

Pada acara pernikahan yang disiarkan langsung di televisi itu, Rizky Billar melakukan ijab kabul kembali. Padahal seharusnya jika memang sebelumnya sudah menikah siri, yang perlu dilakukan keduanya adalah isbat nikah.

Apa itu isbat nikah setelah nikah siri?

Wolipop sudah mewawancarai Riswanto, SHI, sebagai Penghulu Ahli Muda Pada KUA Kecamatan Pasar Minggu, jabatan dalam organisasi APRI Pusat (Sekretaris I), mengenai itsbat nikah. Riswanto pun memberikan pernjelasannya secara lengkap. Berikut rincian tentang itsbat nikah setelah nikah siri:

1. Pengertian Isbat Nikah

Isbat Nikah adalah permohonan pengesahan pernikahan siri yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. Sesungguhnya perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan akta nikah yang dibuat oleh Pegawai Pencatat Nikah.

Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan Akta Nikah, maka solusi hukum sebagai upaya memberikan nilai kepastian hukum atas perkawinan tersebut, maka dapat diajukan isbat nikahnya ke Pengadilan Agama.

2. Aturan Isbat Nikah

Aturan isbat nikah diatur dalam Kompilasi Hukum Islam dalam pasal 7 ayat (3) Isbat nikah yang dapat diajukan ke Pengadilan Agama terbatas mengenai hal-hal yang berkenaan dengan :

(a) Adanya perkawinan dalam rangka penyelesaian perceraian.
(b) Hilangnya Akta Nikah.
(c) Adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat
perkawinan.
(d) Adanya perkawinan yang terjadi sebelum berlakunya Undang-undang No. 1 Tahun 1974
(e) Perkawinan yang dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai halangan perkawinan menurut Undang-Undang No. 1 Tahun 1974.

3. Prosedur dan Tata Cara Isbat Nikah

Setelah nikah siri kamu bisa mengajukan isbat atas nikah siri ke Pengadilan Agama sesuai dengan domisili atau tempat tinggal, beberapa tahapan diantaranya:

1. pemohon meminta surat pengantar ke kelurahan sesuai dengan domisili atau tempat tinggal untuk keperluan isbat nikah di Pengadilan Agama.
2. Pemohon meminta surat keterangan menyampaikan bahwa pernikahan tidak tercatat di KUA Kecamatan.
3. Pemohonan mendatangi Kantor Pengadilan Agama di wilayah tempat tinggal.
4. Pemohon membuat surat permohonan isbat nikah.

Itulah pengertian isbat nikah, proses dan syaratnya. Intinya pernikahan yang diakui di mata negara akan lebih baik untuk diri kamu dan keluarga.

(gaf/eny)