Liputan Khusus Kondangan ke Pernikahan Mantan

5 Pertimbangan Sebelum Mengundang Mantan Pacar ke Pernikahan

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 28 Sep 2021 13:15 WIB
Ilustrasi pasangan yang sedang menikah. Foto: thinkstock. Ilustrasi pasangan yang sedang menikah. Foto: thinkstock.
Jakarta -

Jika mantan pacar mengundang datang ke pernikahannya akankah kamu hadir? Survei pembaca Wolipop menunjukkan, 76% orang tidak mau datang ke pernikahan mantan pacar mereka. Dari 606 responden yang ikut survei ini, hanya 24% yang mengaku datang ke pernikahan mantan kekasih.

Responden survei Wolipop ini mengungkapkan berbagai alasannya tidak mau datang ke pernikahan mantan, meskipun diundang. Ada yang karena menghormati pasangan mereka sekarang hingga alasan sudah melupakan masa lalu.

Lalu bagaimana seharusnya urusan mengundang mantan ke pernikahan ini? Apakah memang seharusnya mantan tidak usah diundang ke pernikahan? Dikutip dari website penyedia jasa perencana pernikahan Martha Stewart, sebaiknya kamu harus meyakinkan diri sendiri ketika memutuskan mengundang mantan atau tidak ke pernikahan.

"Apakah kamu sudah saling kenal selama bertahun-tahun dan masih mempertahankan hubungan persahabatan? Atau kamu ingin menunjukkan bahwa kamu sudah ikhlas dan tegar? Kamu mungkin bertanya-tanya apakah pantas untuk mengundang mantan ke pernikahanmu?" tulis website entrepreneur kelahiran New Jersey itu.

Ada dua alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat ingin mengundang mantan pacar atau justru tidak melakukannya. Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Tidak Mengundang Mantan

Menurut pakar etika dan gaya hidup, Elaine Swann mengundang mantan ke pernikahan merupakan hal yang tidak pantas. "Meskipun mungkin kamu berusaha untuk menjaga silaturahmi. Namun situasi tersebut bisa membuat kamu berada dalam posisi tidak nyaman," jelasnya.

Misalnya, jika kamu dan mantan pacar selama menjalin hubungan masih menyimpan masalah atau kebencian. Atau ada masalah dengan keluarga, ibu, saudara perempuan, atau sahabat. Demi kelancaran acara, cara terbaik adalah jangan mengundang mantan.

2. Mengundang Mantan saat Pernikahan

"Beberapa orang masih memiliki hubungan yang baik dengan mantan pasangan mereka," kata Diane Gottsman, penulis Modern Etiquette for a Better Life dan pendiri The Protocol School of Texas.

Kamu harus memprioritaskan perasaan pasangan kamu yang saat ini. Sebelum memutuskan mengundang mantan kamu saat acara pernikahan.

"Jika mantan dan pasangan masa depanmu tidak memiliki masalah, maka seharusnya tidak ada alasan untuk mengecualikan seorang teman," jelasnya.

Bagaimana jika kamu masih ragu mengundang mantan atau tidak, klik halaman selanjutnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2