Viral Kisah Pengantin Pelit Tipu MUA, Ngaku Prewedding Biar Bayar Lebih Murah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 07 Sep 2021 06:00 WIB
MUA yang viral di media sosial. Foto Desma saat merias pengantin. Foto: Dok. pribadi Desmaniar Meuthia.
Bangka Belitung -

MUA ini mendadak viral karena menceritakan pengalaman tak terduga saat merias pengantin. Dia ditipu oleh pengantin yang pelit alias tak mau mengeluarkan uang lebih untuk membayar makeup artist (MUA). Pengantin tersebut awalnya menyebutkan jika ingin sesi foto prewedding. Namun ternyata saat hari-H, pengantin itu bukan melaksanakan prewedding, melainkan acara akad nikah.

Kisah tersebut dibagikan oleh akun TikTok @makeoverwithdesma. Dalam video tersebut, ia membagikan tangkap layar percakapan di WhatsApp bersama klien yang telah menipunya.

"Bilangnya prewed ternyata jadi manten. mengcape 😏 #mua #makeupartist #sukadukamua," tulis akun TikTok @makeoverwithdesma.

MUA Makeoverwithdesma awalnya bertanya kliennya akan memakai jasa riasnya untuk acara apa. Kemudian kliennya menjawab untuk foto studio tapi memakai kebaya. Dan kliennya pun berusaha untuk menawar. Namun harganya sudah tak bisa ditawar lagi.

"Ini fotonya untuk prewedding atau gimana?" tanya MUA.
"Untuk prewed," balas calon pengantin.

@makeoverwithdesma

bilangnya prewed ternyata jadi manten. mengcape 😏 ##mua ##makeupartist ##sukadukamua

♬ Oh No - Kreepa

Ketika menyadari jika kliennya bukan mengadakan foto prewedding, MUA @makeoverwithdesma langsung terkejut dan meminta penjelasan kliennya. Sebab harga makeup untuk foto prewedding dan akad nikah berbeda.

"Sorry dek, kemarin tuh dek nikah ya bukan prewed? Lain kali kalau ditanya bilang terus terang dek. Apalagi penyedia jasa kayak aku akad & prewed beda jauh banget harganya. Kamu kan pernah kerja di salon, pasti kan tahu creambath biasa dan masker keratin meskipun sama-sama di kepla hargnya beda," begitu kata sang makeup artist pada pengantin yang berbohong.

"Iya maaf ya ka aku soalnya makeupnya cuma untuk foto aja bukan fokus untuk akadnya," balas kliennya itu.

"Ya tapi kan tetap akad dek, acara inti kan nikahannya, baru foto bersama," jawab MUA yang kecewa karena kliennya berbohong.

Hingga Kamis (2/9/2021) video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 647 ribu Views, mendapat 13 ribu Likes dan 941 komentar. Warganet yang berkomentar terbagi dalam dua kubu, ada yang membela klien dan MUA itu.

"Sebenarnya kliennya ndak salah juga sih ya, orang dia pengen make up prewed, walaupun dipake buat kegiatan apa aja entah itu nikahan dll ya gpp lah," ujar akun @dsyee.

"Jadi dia itu pengen low budget dengan bilang make up prewed aja, pdhal mah d pake akad. cerdas! Wkwk," tulis @Kak Blorong.

"Bingung banget di komen banyak yang bela si client, jelas-jelas namanya boong itu salah, pdhl jujur aj klau budget minim, cari yg harga sesuai/nabung," saut akun @ .

"Setahu aku beda makeup prewed dan akad, ntar kalo dipakein makeup prewed yang hanya bisa tahan beberapa jam aja kan MUA nya juga disalahin," timpal akun @Orishi.

"Intinya MUA kenapa kecewa guys, makeup prewed pasti dari bedak dan lain-lain kita beda, dan ketahanan juga beda, walaupun sebenarnya tidak ada masalah kalau mante mau makeup preweed buat akad, tapi hasilnya pasti beda ,dan itu juga lebih ke image Mua nantinya," tutur @Sekti Laksana MUA.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Desmaniar Meuthia, makeup artist yang mengunggah video TikTok tersebut. Ia pun menceritakan kisah lengkap dibalik video pengantin yang berbohong demi mendapatkan harga makeup lebih murah itu.

"Pada awalnya mengirimkan WhatsApp untuk konsultasi dan menanyakan pricelist. Saya tanya untuk acara apa, jawabnya untuk foto studio tapi memakai kebaya. Lalu diberikan pricelist sesuai dengan service yang diminta. Setelah itu menanyakan sewa baju, saya tanya kembali beberapa kali untuk acara apa dan jawabnya tetap antara untuk foto dan untuk foto prewedding," ungkap Desma kepada Wolipop.

Ketika Desma datang ke lokasi rumah kliennya pada hari-H yang sudah ditentukan, dia tidak melihat ada dekorasi atau keramaian seperti acara pernikahan. Namun di kamar dia melihat ada kotak hantaran mahar.

"Saya bertanya ngobrol-ngobrol lah ya dengan klien, kapan acara weddingnya? Jawabnya bulan depan. Lalu saya juga menanyakan kotak hantaran tersebut disebutkan juga untuk acara bulan depan. Selama proses make up keluarga semuanya sibuk bersiap-siap, sampai cari sewa mobil dan lain-lain," kata Desma yang mulai curiga.

Puncaknya saat Desma ingin pamit pulang dan keluar kamar, ibu kliennya muncul sambil memakai kebaya putih. Penampilan sang ibu klien membuat Desma yakin wanita yang diriasnya bukan hendak foto prewedding.

"Membuat saya yakin kalau itu bukan sekadar foto prewedding saja. Karena rasanya tidak mungkin untuk prewedding saja seluruh keluarga mau diangkut," jelasnya.

MUA yang tinggal di Bangka Belitung itu baru menyadari ketika ia mengunggah foto hasil riasannya di media sosial. Setelahnya ada seorang temannya yang mengatakan jika calon pengantin tersebut sudah menikah.

"Saya tahu hari Rabu kemarin (1/9/2021). Waktu saya upload foto klien di Instagram ada temannya yang merespon. Kebetulan saya juga kenal dengan orang tersebut. Saya menanyakan, apa bener klien tersebut hanya prewedding, ternyata dijawab menikah," mendadak Desma langsung terkejut.

"Reaksi saya begitu tahu langsung mengontak klien tersebut dan menanyakan. Apa benar kemarin akad nikah bukan prewedding. Dia mengakui dengan berbagai alasan," saut makeup artist 31 tahun itu.

Desma yang sudah menjadi MUA spesialis pernikahan selama lima tahun itu menyebutkan jika pernikahan adalah ibadah seumur hidup. Bagi kamu yang ingin menikah, mulailah dengan cara yang baik, jujur dan terbuka dengan vendor yang sudah dipilih.

"Supaya semua mendoakan kebaikan terhadap pernikahan kalian. Apabila budget memang terbatas, turunkan lah dulu gengsinya, cari dulu vendor yang sesuai dengan budget yang ada. Kalau memang mau mencoba, jujur saja dengan MUA yang kalian sukai. Siapa tahu rezeki MUA tersebut mau membantu," tuturnya dengan ramah.

(gaf/eny)