5 Tanda Suami Pelit, Bikin Istri Mengelus Dada

Tim Haibunda - wolipop Senin, 08 Feb 2021 05:30 WIB
young couple counting money while sitting on floor in new apartment Tanda-tanda suami pelit. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Masalah keuangan kerap menjadi problema dalam pernikahan. Urusan uang ini bahkan bisa membuat pasangan bercerai jika tidak dihadapi secara bijak. Seperti tanda-tanda suami pelit berikut ini bisa jadi termasuk masalah yang membuat pernikahan retak.

Agar masalah keuangan ini tak menjadi benalu dalam rumah tangga, pasangan suami istri sebaiknya saling terbuka sejak awal pernikahan. Pasangan bisa membuat kesepakatan bersama agar urusan uang ini tak menerus membuat cekcok.

Namun apa jadinya jika mendapati suami yang sering kali marah dan kerap perhitungan soal pengeluaran? Bisa jadi itu pertanda suami orang yang pelit. Meski terlihat sepele, hal ini perlu diwaspadai.

Dikutip dari Legit dan Happenings, berikut ini tanda-tanda suami pelit:

1. Menghubungkan banyak hal dengan uang

Tanda-tanda suami pelit adalah ketika sedang berbicara dengannya tentang berbagai hal dalam hidup, baik itu pekerjaan, anak, atau keseharian, dia selalu mengakhiri percakapan dengan uang. Dia akan selalu bertanya mengenai uang yang istri dapatkan atau tentang cara istri menghemat uang.

Mungkin sesekali tidak menjadi masalah. Tetapi jika berkali-kali ini bisa menjadi pertanda suami orang yang pelit. Sebab, ia selalu memperhitungkan uang dan mengaitkan segala hal dengannya. Jika istri sudah tak nyaman dengan perilakunya, segera bicarakan dan temukan solusi terbaik untuk mengatasinya ya.

2. Tanda suami pelit: memaksakan diri membeli barang bekas

Seiring waktu, tentu ada beberapa barang keperluan rumah tangga yang harus diperbaharui. Namun, ketika menyebutkan rencana ingin membeli barang yang baru, suami malah marah dan langsung tidak menyetujuinya. Apa yang dilakukannya ini bisa termasuk salah satu tanda-tanda suami pelit. Terutama jika memang barang tersebut sangat dibutuhkan.

Misalnya, sang suami lebih memilih membeli pakaian, sepatu, atau perabotan bekas untuk istri. Baginya, tidak ada alasan untuk membeli barang-barang mahal. Ia lebih menyukai barang bekas dan tidak mengerti ada yang salah dengan hal tersebut.

3. Mencoba untuk memperbaiki sebelum membeli yang baru

Sudah menjadi hal yang biasa jika barang-barang yang sering terpakai akan rusak pada waktunya. Sehingga istri harus segera menggantinya dengan yang baru.

Namun, suami justru bersikeras menolaknya. Ia akan menawarkan untuk membeli suku cadang terlebih dahulu sebelum membeli yang baru. Meski istri telah memberitahunya bahwa membeli yang baru lebih baik dalam jangka panjang, ia tetap memilih opsi yang lebih murah.

Nah, hal ini merupakan tanda-tanda suami orang yang pelit. Walaupun kualitasnya tak lagi maksimal, demi berhemat ia akan rela memperbaiki berjam-jam karena uang yang dikeluarkan lebih sedikit.

4. Muncul rasa takut saat hendak meminta uang kepada suami

Sering kali ada beberapa kebutuhan darurat yang mengharuskan istri meminta uang lebih dari suami. Namun, reaksi marah yang mungkin akan muncul dari suami, membuat istri panik dan berpikir dua kali.

Padahal, jika uang tersebut memang benar-benar dibutuhkan, meminta uang lebih tak ada salahnya. Apalagi jika berkaitan masalah medis.

Jika istri mendapati suami yang begitu pelit, carilah waktu untuk mengobrol dengannya. Bicarakan secara empat mata kalau kamu merasa tak nyaman dengan sikapnya yang berlebihan.

5. Tanda suami pelit: selalu mencari tempat murah untuk dikunjungi

Sebagai seorang istri, keinginan dimanjakan dengan berpergian keluar baik ke restoran atau tempat wisata pasti ada. Tetapi suami malah selalu beralasan tidak punya waktu untuk itu.

Meski dia ada waktu untuk melakukannya, dia akan mencari tempat yang paling murah. Jika istri dan suami pergi ke tempat yang bagus, dia akan fokus pada menu dan harga yang menyebabkan keributan di restoran. Atau kamu mendapati bahwa harus selalu membagi tagihan restoran dengannya karena fokus utama suami adalah menghemat uang, bukan memanjakan istri.

Setelah mengetahui tanda-tanda suami pelit, kamu juga perlu memahami bagaimana cara menghadapi pasangan seperti ini. KLIK DI SINI untuk mengetahui tips menghadapi suami pelit.



Simak Video "Selamat! Bintang 'Wonder Woman' Gal Gadot Hamil Anak Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)