Viral Pria Menikah dengan ABG 13 Tahun, Seumuran dengan Anaknya

Hestianingsih - wolipop Kamis, 19 Nov 2020 14:08 WIB
Wedding in the mountains Mangup in Crimea Pernikahan usia anak. Foto: Dok. World of Buzz
Maguindanao -

Sebuah pernikahan di Filipina viral setelah terungkap usia dari mempelai wanita yang dinilai masih sangat muda. Mempelai wanita yang tak disebutkan namanya itu menikah di usia 13 tahun.

Seperti dikutip dari World of Buzz, pernikahan berlangsung lewat perjodohan. Beda usia sang mempelai wanita dengan mempelai pria pun terpaut jauh, yakni 35 tahun.

Abdukrzak Ampatuan, seorang petani berusia 48 tahun, menikah dengan remaja ABG di Mamasapano, Maguindanao. Menurut Harian Metro, sang mempelai wanita dipaksa menikah dengan Abdukrzak dalam upacara yang berlangsung pada 22 Oktober 2020 lalu.

Pernikahan anak di Filipina.Pernikahan anak di Filipina. Foto: Dok. World of Buzz

Kabarnya remaja tersebut merupakan istri kelima Abdukrzak dan berencana memiki anak darinya setelah usia mempelai wanita sudah menginjak 20 tahun. Abdukrzak juga akan membiayai sekolah istrinya sampai tamat SMA.

Abdukrzak menyatakan bahagia bisa menikahi istrinya tersebut. Dia pun mengharapkan sang istri bisa mengurus putranya dari pernikahan sebelumnya. Menariknya, usia putra Abdukrzak juga 13 tahun, sepantaran dengan istrinya.

"Saya sangat senang bisa bertemu dengannya dan bisa menghabiskan sisa hidup saya bersamanya. Dia juga akan mengurus putra saya," kata Abdukrzak.

Pernikahan dengan anak di bawah umur dilegalkan pada beberapa daerah di Filipina, terutama provinsi Mindanao. Selama anak atau remaja tersebut sudah memasuki masa pubertas.

Berdasarkan data UNICEF, Filipina merupakan negara urutan ke-12 dengan angka pernikahan anak tertinggi di dunia. Sekitar 15 persen wanita menikah sebelum usia 18 tahun dan dua persen sebelum 15 tahun.



Simak Video "Pernikahan Anak di Bantaeng Sulsel Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)