Contoh CV Taaruf dan Cara Membuatnya yang Benar Sesuai Syariah

Puti Yasmin - wolipop Rabu, 15 Jul 2020 17:03 WIB
wardah maulina hijab cadar Foto: Instagram/Ilustrasi Contoh CV Taaruf dan Cara Membuatnya yang Benar Sesuai Syariah
Jakarta -

Dalam ajaran agama Islam, cara mengenal calon pasangan dilakukan dengan menjalani taaruf. Biasanya, pasangan akan menukar CV taaruf untuk saling mengenal.

Dikutip dari buku 'A-Z Taaruf, Khitbah, Nikah & Talak Bagi Muslimah' karya Honey Miftahuljannah, kata taaruf berasal dari kata 'arafa yang memiliki arti mengetahui atau mengenal. Sehingga, tujuan taaruf adalah saling mengenal satu sama lain.

Ada beberapa tahapan taaruf. Tata cara itu dilakukan setiap calon pasangan hingga akhirnya memutuskan untuk saling bertukar CV taaruf dan menikah. Berikut cara taaruf yang benar sesuai syariah:

- Menjaga pandangan mata dan hati yang diharamkan

Dalam Al Quran, Allah SWT telah memerintahkan baik wanita dan juga laki-laki untuk menjaga pandangan serta kemaluannya. Selain itu, mereka juga diperintahkan menjaga aurat kecuali yang bisa terlihat.

Allah SWT berfirman di dalam surat An Nur ayat 31, yang artinya: "Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung."

- Topik pembicaraan tidak mengandung dosa dan tidak bermuatan birahi

Dalam Quran surat An Nisa ayat 114, Allah SWT berfirman agar manusia berkata-kata dengan kalimat baik. Sebab, Allah mengetahui segala yang disembunyikan manusia.

"Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridaan Allah, maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar."

- Tidak melakukan khalawat

Khalawat artinya berdua-duaan bagi laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah dalam hadist riwayat Ahmad "Jangan lah sekali-kali seorang laki-laki menyendiri dengan perempuan yang tidak halal baginya karena yang ketiganya adalah setan, kecuali ada mahramnya."

- Tidak bersentuhan fisik

Cara taaruf yang benar lainnya adalah tidak bersentuhan fisik. Umat Islam harus menjaga dirinya dari orang yang bukan muhrim atau mahramnya. Hal itu juga dicontohkan Rasulullah dalam hadist riwayat Bukhari ia bersabda. "Sesungguhnya aku tidak pernah bersalaman dengan wanita (bukan mahram)."

- Melindungi aurat masing-masing

Tata cara taaruf yang terakhir adalah melindungi aurat masing-masing lawan jenis. Bagi wanita, auratnya adalah seluruh tubuh kecuali muka, punggung tangan dan telapak tangan. Sedangkan laki-laki adalah dari pusar hingga lutut.

Berikut contoh CV taaruf dan cara membuatnya dikutip dari buku '12 Weeks To Get Married: Taaruf Tips & Inspiring Stories' karya Maswahyu ST:

1. Contoh CV Taaruf

Untuk mengenal lebih jauh pasangan melalui taaruf, sebaiknya dilakukan dengan saling bertukar CV taaruf. Contohnya bisa dilihat di bawah sini


Biodata Taaruf

Data Pribadi
PAS FOTO
Nama Lengkap: TERBARU
Nama Panggilan:
Tempat & Tanggal Lahir:
Tinggi Badan & Berat Badan:
Pekerjaan:
Status:
Suku:
Nama Ayah:
Nama Ibu:
Izin Menikah dari Ortu: (Sudah Ada/Belum Ada)
Alamat Sekarang:
Alamat Asal:
Nomor Handphone:
Alamat Email:
Akun Facebook:
Akun Twitter:
Website/Blog Pribadi:

Riwayat Pendidikan

Nama Sekolah/Perguruan Tinggi Tahun

SD/MI
SMP/MTS
SMA/SMK/MA
Perguruan Tinggi

Pendidikan Nonformal

Nama Kegiatan Penyelenggara Waktu

Catatan Prestasi

Nama Acara Penyelenggara Tahun Keterangan

Profil Diri

Motto hidup
Hobi
Makanan & Minuman Favorit
Hal-hal yang disukai
Hal-hal yang dibenci
5 karakter positif
5 karakter negatif
Riwayat penyakit & cacat fisik
Afiliasi pergerakan/organisasi

Profil Keluarga

Ayah
Ibu
Kakak
Adik
Anak (Jika berstatus janda)

Aktivitas dan Kebiasaan Sehari-hari

Merokok/tidak
Makan & minum
Tidur & istirahat
Tilawah Quran & jumlah hafalan
Ibadah sunnah lainnya
Pengajian rutin yang diikuti
Pemanfaatan waktu luang
Sosialisasi dengan lingkungan

Visi dan Misi Pernikahan

Visi pernikahan
Misi Pernikahan

Kreteria Calon Pasangan

Kreteria nonfisik (pendidikan, usia, sifat, domisili, status)
kreteria fisik
kreteria tambahan dari orang tua

Rencana Pasca Menikah

Kehidupan rumah tangga
Tempat tinggal
Karir & pekerjaan
Keturunan & pendidikan anak
Pengelolaan keuangan keluarga
Dakwah di keluarga dan lingkungan
Target jangka pendek
Target jangka panjang

Informasi Lain yang Perlu Diketahui

*sisipkan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)


2. Cara Membuat CV Taaruf

Ada banyak format dalam membuat CV taaruf. Terpenting yang harus ada dalam CV adalah, data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, profil diri dan keluarga, kebiasaan sehari-hari, visi dan misi pernikahan, kriteria calon pasangan, rencana pasca pernikahan dan lain-lain.

Nah, semoga contoh CV taaruf bisa membantu ya!



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)