Cerita Sebenarnya dari Kisah Viral Pengantin yang Mas Kawinnya Cuma Rp 500

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 03 Jul 2020 12:15 WIB
mahar 500 Pengantin di Bekasi viral karena menikah dengan mas kawin Rp 500. Foto: Facebook Arya Saun Jaya
Jakarta -

Mahar atau mas kawin adalah pemberian wajib berupa uang atau barang dari pihak mempelai laki-laki kepada mempelai wanita pada saat pernikahan. Mas kawin ini biasanya tergantung kesepakatan kedua belah pihak atau sesuai permintaan mempelai wanita.

Mas kawin yang berupa uang biasanya dipilih pengantin dengan angka unik berupa tanggal pernikahan. Namun pengantin di Bekasi ini punya mas kawin unik bukan karena angkanya melainkan karena jumlahnya yang hanya sebesar Rp 500. Kisah pengantin yang menikah hanya dengan mas kawin Rp 500 itu pun viral di Facebook setelah diunggah oleh akun Arya Saun Jaya. Arya adalah penghulu yang menikahkan pasangan pengantin tersebut.

"Unik mungkin dari jutaan wanita baru dia yg mahar maskawin nya minta 500 rupiah pada pernikahan nya...Dan selama 5 tahun lebih saya jadi penghulu baru sekali ini saya menikahkan pasangan dengan maskawin nya hanya 500 rupiah. Semoga ini buat contoh yg baik buat para wanita..agar tidak pernah memberatkan calon suaminya dalam hal mahar.. NB. Dari hampir ribuan pasang yg menikah lewat majelis ta'aruf baru pengantin ini yg mahar nya paling murah," tulisnya pada Rabu (24/6/2020).

Unggahan Arya di Facebook itu hingga kini sudah lebih dari 350 kali disebarkan ulang oleh pengguna Facebook. Netizen juga membanjiri unggahan tersebut dengan ratusan komentar yang hingga kini jumlahnya 451. Komentar netizen beragam ada yang memuji dan nyinyir dengan pasangan pengantin dengan mas kawin Rp 500 itu.

Ketika dikonfirmasi oleh Wolipop lewat telepon, sang penghulu menceritakan kisah pasangan pengantin yang viral itu. Mereka bernama Arni Sumarni (44 tahun) dan Irmandi (40 tahun). Irmandi sang mempelai pria bekerja sebagai ojek online dan Arni sang mempelai wanita berjualan online.

mahar 500Pengantin di Bekasi viral karena menikah dengan mas kawin Rp 500. Foto: Facebook Arya Saun Jaya

"Wanitanya bernama Arni Sumarni sebatang kara dari Makassar. Masalah mas kawin tersebut wanitanya yang minta," ujar Arya kepada Wolipop, Kamis (2/7/2020).

Arya menambahkan Arni dan Irmandi menikah secara taaruf. Keduanya baru saling mengenal selama satu minggu. Mereka memilih menikah tanpa proses pacaran.

Kenapa Arni meminta mas kawin Rp 500? Arya mengatakan karena Arni ingin memudahkan suaminya.

"Alasannya wanita itu.. sebaik-baiknya mahar itu untuk wanita yang memudahkan calon suaminya. Dan suaminya, Irmandi yang berprofesi sebagai ojek online sedang sulit di tengah pandemi ini. Makanya biar dia sendiri yang menentukan maharnya," ungkap Arya.

Saat acara ijab qabul, Arya menuturkan pihak Arni tidak ada perwakilan dari keluarga karena dia memang sebatang kara di Jakarta. Sedangkan dari pihak Irmandi, ada perwakilan saksi.

Arya mengaku terkejut unggahannya tengang mas kawin Rp 500 di Facebook akan kembali viral. Sebelumnya dia juga pernah menjadi sorotan ketika menikahkan pasangan pengantin yang maharnya berupa kain kafan pada 2017.

"Saya sebagai penghulu dan biro jodoh taaruf sudah 2009 di Majelis Taaruf di Pondok Gede, Bekasi. Sebelumnya ada pengantin saya juga yang pernah viral 2017 silam, waktu pengantin yang maharnya kain kafan," ungkapnya.



Simak Video "Tren Baru, ''Kupinang Kau dengan Saham''"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)