Pengantin Menikah Saat Corona, Dandan Sendiri, Resepsi Diganti Makan Bakmie

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 26 Apr 2020 09:17 WIB
Johana Kusnadi Foto: Instagram @johanakusnadi
Jakarta -

Tren pernikahan virtual alias menyiarkan pernikahan live via media sosial atau aplikasi video call banyak dilakukan pengantin yang menikah di tengah Corona. Salah satunya pasangan Johana Kusnadi dan Roland Deselly ini. Mereka menggelar pernikahan super sederhana, tanpa resepsi dan menayangkan pemberkatan dengan Live Instagram.

Johana Kusnadi menceritakan pernikahannya yang digelar pada 18 April 2020 hanya diadakan di gereja. Pandemi Corona membuat rencana pernikahannya tidak berjalan sesuai rencana.

"Awalnya aku mau buat acara di Gereja Katolik, seharusnya di Gereja Yacobus di Kelapa Gading juga satu komplek sama angkatan laut. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, lalu diganti sama romonya. Last minute dipindah sama romo ke Gereja Kim Tae Gon, di Kelapa Gading. Kebetulan romonya ini menjadi perwakilan Katolik. Tadinya juga dia kasih limit 10 orang sudah termasuk sama pengantin dan saksi bisa hadir. Cuma terakhir tiba-tiba dibatasi jadi 8 orang, akhirnya jadinya 9 orang," kata Johana saat dihubungi oleh Wolipop melalui sambungan telpon, Kamis (23/4/2020).



Karena tamu yang hadir terbatas, teman-temannya yang tak bisa menyaksikan jalannya pernikahannya memintanya membuat Live Instagram. Siaran live pernikahan ini sayangnya dilakukannya tanpa persiapan.

Foto: Instagram @johanakusnadi



"Akhirnya saat acara kamu Live Instagram, adikku yang pegang handphonenya pakai akun Instagramku. Tapi karena adikku nggak pro jadi putus nyambung," ucap Johana.

Wanita yang berusia 30 tahun ini mengatakan acara pernikahannya dibuat sangat simpel, tanpa resepsi. Dia bahkan membatalkan semua vendor yang sebelumnya sudah dipesannya karena memang menikah di tengah Corona dan adanya aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tidak mengizinkan adanya keramaian.

Begitu sederhananya pernikahannya, Johana mengaku tidak menggunakan jasa makeup artist untuk mendandaninya di hari bahagianya. Dia bahkan tak memakai gaun pengantin mewah layaknya pengantin pada umumnya.

"Aku beli baju putih panjang gitu aja di Shopee Rp 250.000, makeup sendiri kayak sehari-hari. Dan minta dijemput sama calonku, kan kita sama-sama tinggal di Kelapa Gading. Terus langsung jalan ke gereja. Sampai pas mau perayaan orang yang bantuin di gereja nanya, mana calon pengantinnya. Dia nggak sadar karena mungkin saking sederhananya," tuturnya lagi.

Foto: Instagram @johanakusnadi



Setelah acara pemberkatan pernikahannya, Johana pun langsung pulang, tak ada kumpul dengan keluarganya ataupun acara makan-makan. "Sesudah acara, aku sama suami kan langsung tinggal bareng sesudah menikah, ya sudah langsung ke apartemen, lapar terus delivery bakmie, kita makan dan ganti baju santai banget," ujarnya seraya tertawa.



Menikah dengan sangat sederhana dan tak sesuai rencananya, Johana mengaku justru apa yang dialaminya ini membuat iri teman-temannya. Karena tak banyak pengantin yang bisa menggelar pernikahan sederhana. Biasanya tuntutan keluarga membuat pengantin harus menggelar resepsi dengan mengundang banyak tamu.

"Banyak yang ngiri. Karena kita bisa menikah seminimalis ini. Kalau dulu (sebelum ada Corona-red) banyak temen yang mau buat acara minimalis kan nggak bisa. Karena dari keluarga harus nikah akbar," tutur wanita yang akrab disapa Jojo.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)