Drama di Rumah Gara-gara Corona

Drama Pasutri Karena #dirumahaja: Makin Mesra atau Malah Berantem Terus

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 11 Apr 2020 16:30 WIB
ilustrasi pasangan kdrt Ilustrasi pasangan bertengkar di rumah. Foto: iStock
Jakarta -

Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah jadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dengan tidak keluar rumah kamu bisa meredam penyebaran virus Corona. Akan tetapi WFH yang kini dianjurkan oleh pemerintah membawa berbagai dampak bagi kehidupan rumah tangga khususnya pasangan suami istri.

Menurut Psikolog Meity Arianty STP. M. Psi, WFH bisa berdampak positif dan negatif bagi pasutri. Ada yang makin mesra atau malah jadi bertengkar terus.

Pasangan suami-istri yang jadi sering bertengkar karena WFH ini menurut Meity, merupakan efek dari rasa bosan dan stres yang dialami. Mereka yang dulunya terbiasa mendapatkan hiburan di luar rumah, kini terpaksa harus berada di rumah saja.

Sepasang suami istri yang terlihat bermasalah di atas ranjang.Sepasang suami istri yang terlihat bermasalah di atas ranjang. Foto: Thinkstock


"Ini dialami oleh orang-orang yang terbiasa di luar rumah, mendapatkan hiburan di luar, merasa lebih nyaman dengan dunia luar dan menganggap rumah hanya tempat pulang untuk beristirahat, sementara yang dilakukan saat ini justru sebaliknya," ujar Meity saat dihubungi Wolipop baru-baru ini.

Gara-gara harus WFH ini, pasangan suami-istri jadi tidak bisa 'melarikan' diri saat mereka bertengkar. Sedangkan dulu, hal itu bisa terjadi dengan alasan masih bekerja di kantor atau di luar rumah.

"Sekarang mau nggak mau harus terus bersama dalam satu rumah di mana ini bisa menjadikan mereka lebih stres atau malah jadi akur," kata psikolog yang akrab disapa Mei itu.

ilustrasi pasanganIlustrasi pasangan. Foto: iStock


Di sisi lainnya, seseorang yang mengambil hal positif WFH, akan merasa sangat bersyukur bisa memilik banyak waktu di rumah bersama keluarga. Mereka bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih santai dan tetap dapat uang. WFH juga bisa membuat kehidupan rumah tangga semakin harmonis, ketika memang pasangan itu sebelumnya tidak memiliki masalah.

"Mereka bisa melewati kebersamaan sehari penuh yang dulu jarang bahkan mungkin tidak pernah karena kesibukan masing-masing," ucap dosen psikologi itu.

Pasangan yang kerap bertengkar sebelum adanya aturan WFH ini menurut Meity juga bisa mengambil sisi positif dari imbauan pemerintah untuk #dirumahaja. "Harusnya saat ini bisa menjadi ajang buat memperbaiki hubungan agar lebih baik karena pertemuan mereka jadi lebih intens sehingga komunikasi juga bisa terjalin," jelas Mei.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)