Viral Pengantin di Jakarta Minta Tamu Pakai Hand Sanitizer Sebelum Salaman

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 10 Mar 2020 16:00 WIB
Closeup of a hand pouring sanitizer in the other, isolated on white background. Viral tamu undangan pernikahan memakai hand sanitizer sebelum bersalaman dengan pengantin. Foto: instagram @calvingunawan_mc
Jakarta -

Wabah virus Corona atau dikenal sebagai COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada Desember 2019. Wabah ini telah dinyatakan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 30 Januari 2020.

Virus Corona yang menyerang sistem pernafasan ini membuat panik seluruh peduduk di dunia, termasuk di Indonesia. Guna mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer agar tangan terbebas dari kuman.

Hand sanitizer kini jadi andalan sebagian besar orang demi menjaga kebersihan tangan. Gedung perkantoran dan mal-mal pun menyediakan hand sanitizer di berbagai tempat demi ikut mencegah penyebaran virus Corona.

Saking giatnya orang-orang Indonesia menjaga kebersihan tangan, sampai-sampai pesta pernikahan zaman now pun mewajibkan tamu undangannya memakai hand sanitizer sebelum bersalaman dengan pengantin. Aksi pengantin yang meminta tamunya memakai hand sanitizer sebelum bersalaman ini menjadi viral setelah seorang pembawa acara bernama Calvin Gunawan mengunggah videonya di Instagram Story miliknya. Ia memperlihatkan momen di mana para para tamu undangan pernikahan yang hendak bersalaman dengan pengantin dan keluarga, terlebih dahulu harus menggunakan hand sanitizer agar tangannya bebas dari kuman.

Dikonfirmasi Wolipop, Calvin berbagi cerita di balik videonya yang viral itu. Dia mengaku dirinya sedang bekerja sebagai MC atau pembawa acara di pernikahan pengantin yang meminta tamunya memakai hand sanitizer tersebut.


"Jadi kondisinya adalah saya sebagai MC/pembawa acara itu sendiri. Dan sudah sejak dua minggu pada saat di Indonesia diumumkan ada 2 orang waktu positif virus corona, maka banyak hal-hal dilakukan untuk pencegahan, salah satunya berpengaruh dalam dunia wedding yaitu salaman. Nah, ini dari pihak premier Wedding Organizer bersama dengan keluarga mempelai sepakat untuk tetap menggunakan cara tradisional kita yaitu berjabat tangan, agar tidak ada pihak yang tersinggung. Tapi sebelum bersalaman, kami lakukan dengan menggunakan hand sanitizer. Jadi aman untuk semua pihak. Mencegah lebih baik dari mengobati kan?" ungkap Calvin saat diwawancara oleh Wolipop, Senin (10/3/2020).

Pengantin yang sedang berbahagia itu adalah pasangan Vinni Andrayni dan Renardi Andika. Dan Calvin sedang bertugas menjadi pembawa acaranya. Acara pernikahan diadakan pada Sabtu (9/3/2020) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Calvin menceritakan jika hand sanitizer sudah dipersiapan sebelum acara digelar.

Viral, Para Tamu Pakai Hand Sanitizer Sebelum Salaman dengan PengantinPihak Wedding Organizer sedang memberikan hand sanitizer kepada tamu undangan sebelum bersalaman. Foto: instagram @calvingunawan_mc.


"Ada sekitar 10 botol mungkin yang disiapkan. Reaksi tamu ada yang kaget, lucu, biasa aja mungkin sudah tahu dampaknya dan apa yang sedang terjadi saat ini di Indonesia. Ada juga yang memuji karena lebih baik mencegah. Karena dari keluarga atau pengantin bilang mereka tidak mau nanti ada kejadian seperti itu terhadap tamunya," jelas Calvin.

Calvin mengungkapka beberapa acara pernikahan yang ia tangani juga menggunakan cara yang sama, yaitu meminta tamu memakai hand sanitizer sebelum bersalaman.

"Beberapa weddingan yang saya handle belakangan ini pada menggunakan cara yang sama. Plus ada juga yang memakai salaman namaste untuk menghindari kontak fisik dengan banyak orang. Karena kasihan kan para tamunya," ujar pembawa acara yang bisa menguasai tiga bahasa itu.

Video lewat unggahannya melalui Instagram Story pun mendadak viral. Calvin mengaku terkejut dan tidak menyangka.

Viral, Para Tamu Pakai Hand Sanitizer Sebelum Salaman dengan PengantinFoto: instagram @vinniandrayani.



"Itupun saya nggak tau akan jadi seviral ini. Cara ini kan mungkin bisa lebih mengedukasi warga karena virus corona sedang marak, jadi mungkin kita bisa lebih menjaga kebersihan diri," tutur Calvin.




Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)