Viral Istri Pukul Suami, Begini Adab Wanita ke Pasangan dalam Islam

Rosmha Widiyani - wolipop Rabu, 18 Des 2019 11:17 WIB
Setelah akad nikah, ketahui adab suami dan istri. Agar tak terjadi kasus istri pukul suami. (Ilustrasi foto: iStock) Setelah akad nikah, ketahui adab suami dan istri. Agar tak terjadi kasus istri pukul suami. (Ilustrasi foto: iStock)
Jakarta - Sebuah video viral di media sosial. Membuat heboh lantaran memperlihatkan aksi seorang istri pukul suami menggunakan tongkat bantu jalan atau walker. Padahal yang suami disebut sedang menderita stroke dan alzheimer. Dalam Islam ada adab seorang istri terhadap suami. Seperti apa?

Konflik besar atau kecil dalam rumah tangga sejatinya memang tak bisa dihindari. Berbagai hal bisa menyebabkan pertengkaran suami istri meski sudah menikah selama beberapa tahun. Allah SWT dalam Al-Quran surat Ar-Rum ayat 21 berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antara kalian berdua rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

Suami dan Istri juga harus mengingat adab memperlakukan pasangan sesuai dalam ajaran Islam. Sehingga tak terjadi kasus istri pukul suami. Apalagi sang suami sedang dalam keadaan sakit.

Berikut beberapa adab istri kepada suami seperti dikutip dari situs Al-Islam.

1. Bijak saat keadaan tidak sesuai harapan

Berbagai kondisi yang tidak diharapkan mungkin terjadi selama menjalin kehidupan pernikahan. Misal suami sakit hingga tak mampu lagi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Saat kondisi ini terjadi, istri disarankan tetap bijak dengan tidak membandingkan kehidupan pribadi dengan orang lain. Apalagi bila yang dibandingkan lebih kaya dan hidup mewah. Selain menahan diri, istri juga harus mengingatkan suami jika cenderung bertindak tanpa perhitungan.

2. Saling menghormati

Adab istri kepada suami berikutnya adalah, istri harus tetap menghormati pasangannya dalam berbagai kondisi rumah tangga. Sama seperti suami terhadap ibu dari anak-anaknya. Menghormati bukan lantas meremehkan atau merendahkan posisi suami atau istri terhadap pasangannya.

Saling menghormati menyediakan cukup energi dan motivasi untuk bersama-sama melalui konflik serta masalah lain dalam rumah tangga. Wujud istri yang menghormati suami antara lain selalu sopan, tidak memotong pembicaraan, berbicara pelan, dan membanggakannya di depan orang lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2