Indahnya Taaruf, Kisah Nikah Tanpa Pacaran Sociopreneur Amaliah Begum

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 07 Des 2019 08:37 WIB
Proses taaruf dijalani Amaliah Begum untuk mendapatkan jodoh. Foto: Gresnia Arela/Wolipop
Jakarta -

Taaruf atau menikah tanpa pacaran kini semakin banyak dilakukan muslimah muda di Indonesia. Dalam ajaran agama Islam, proses taaruf menjadi jalan untuk mendapatkan jodoh.

Salah satu millenial yang mencoba mendapatkan jodoh melalui tahapan taaruf adalah wanita yang dikenal sebagai sociopreneur ini, Amaliah Begum. Pemilik rumah mode muslimah EASTmayyaID ini mengaku mengenal proses taaruf saat mulai belajar tentang agama Islam dari semua aspek.

"Jadi saya berusaha menerima ajaran-Nya dengan menyeluruh. Jadi saya menantang diri sendiri juga untuk bilang percaya dengan Allah SWT dan Rasullulah SAW, ya dengan konsekuen mengerjakan ajarannya," katanya Amaliah saat ditemui Wolipop di kediamannya di Jakarta Timur (4/12/2019).



Amaliah pun menjalani proses taaruf pada awal Februari 2019. Dia dan suaminya sebelumnya sama sekali tidak saling mengenal. Sebelum menjalani taaruf ini, dia juga pernah menjalani proses pacaran seperti kebanyakan anak muda lainnya.

Proses taaruf dijalani Amaliah Begum untuk mendapatkan jodoh.Proses taaruf dijalani Amaliah Begum untuk mendapatkan jodoh. Foto: Gresnia Arela/Wolipop



"Saya pernah pacaran. Tapi basically ya itu jelas hukumnya pacaran nggak boleh. Kalau belum pernah melakukan ya jangan. Kalau sudah ya cepat-cepat dievaluasi, orangnya benar atau nggak. Kalau bener ya langsung di followup ke yang jenjang yang diatur secara agama, langsung khitbah atau lamaran dan menikah. Dan jika memang bukan orangnya dia, ya putusin aja, sesuai apa yang memang harus dilakukan," ujar Amaliah.

Setelah tidak lagi menjalani pacaran, Amaliah memutuskan fokus memperdalam ilmu agama. Dia mengikuti kajian dan banyak berdoa agar bisa mendapatkan jodoh yang baik. Wanita lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia itu juga sampai melepaskan kesempatan kuliah di luar negeri karena belum memiliki pendamping. Dia pun menjelaskan alasannya kenapa sampai merelakan kesempatan kuliah di luar negeri tersebut.


"Aku memang nggak terlalu tertarik untuk menikah cepat dari dulu. Jadi kepengin ini dulu, itu dulu. Which is sebenernya harus aku akui itu kurang tepat juga karena wanita dalam Islam itu selalu butuh mahram. Jadi either ayah, saudara laki-laki, atau suami, kan kodratnya kita harus berpasangan. Makanya itu aku lepas kesempatan untuk kuliah itu. Padahal kampus dan jurusannya bagus banget. Aku berdoa saja mudah-mudahan satu yang aku lepaskan, nanti Allah akan gantiin lagi. Terus nggak lama jodohnya datang," tuturnya.

Amaliah menemukan jodohnya setelah dia ditawari untuk taaruf dengan seorang pria. Kebetulan mereka mengikuti pengajian yang sama, namun tidak saling mengenal.

"Sebelum bertemu, saya sudah dikirimi fotonya blur, hasil crop-an pula, jadi jangan bayangkan foto yang tampan, gaya ala selfie atau keren, formal ala foto paspor. Saya diinfokan kalau pria ini dulunya entertainer dan sudah dua tahun belakangan berhijrah, masya Allah," ujar Amaliah.

Wanita 32 tahun itu pun melakukan salat istikharah untuk memantapkan hatinya menjalankan proses taaruf. Dia melakukan salat tersebut sebelum bertemu pertamakali secara langsung dengan pria yang kini menjadi suaminya.



"Setelah salat, sama sekali tidak ada mimpi, firasat, atau apapun. Semua berjalan saja, qadarullah, sampai beberapa hari kemudian," ungkap Amaliah.

Perjalanan taaruf Amaliah cukup cepat. Suaminya melamar dirinya tiga hari setelah mereka memutuskan untuk taaruf. Persisnya, Amaliah berkenalan dengan sang suami pertamakali pada 5 Februari, di 8 Februari 2019, dirinya di-khitbah. Dan mereka menikah pada 22 Februari 2019.

"Kami menikah pada 22 Maret dengan konsep yang super duper sederhana, akad di KUA, walimah atau resepsi di restoran dengan dihadiri sekitar 30 orang. Sekarang, sudah delapan bulan kami menjadi suami istri, alhamdulillah wa syukrulillah," tutupnya.




Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)