Daftar Persiapan Pernikahan

4 Tren Dekorasi Pernikahan 2020 yang Akan Banyak Digemari Pasangan Pengantin

Hestianingsih - wolipop Senin, 02 Des 2019 11:43 WIB
Ilustrasi pasangan menikah. Foto: Thinkstock Ilustrasi pasangan menikah. Foto: Thinkstock

Jakarta - Pergantian tahun selalu diiringi perubahan tren tak terkecuali dalam pernikahan. Mulai dari dekorasi untuk pelaminan, katering, selasar hingga busana pengantin.

Bagaimana dengan tren dekorasi pernikahan di 2020? Wolipop merangkum sejumlah tren yang diprediksi akan disukai banyak pasangan.

1. Vintage Rustic

4 Tren Dekorasi Pernikahan 2020 yang Akan Banyak Digemari Pasangan PengantinTren dekorasi pernikahan 2020 bertema Vintage Rustic. Foto: iStock

Menurut florist dan dekorator pernikahan Dina Touwani, banyak pasangan menyukai rangkaian yang lebih artsy dengan berbagai elemen tak bisa dalam dekorasi pernikahan. Misalnya saja daun dan pinus kering, bunga bernuansa kecokelatan juga ornamen berkesan unfinished dengan dominasi kayu-kayuan.

"Vintage rustic itu pakai pohon-pohon pinus. Tren nya sekarang seperti itu," ujar Dina.

Menurutnya dekorasi kontemporer dan vintage rustic lebih disukai pasangan pengantin saat ini karena selain terlepas dari pakem yang dianggap tradisional, juga lebih bersahabat dengan kantong. Gaya dekorasi ini juga memanfaatkan properti yang tak lumrah ada di dekorasi yang gayanya lebih tradisional.


2. Bohemian Tropical
4 Tren Dekorasi Pernikahan 2020 yang Akan Banyak Digemari Pasangan PengantinTren dekorasi pernikahan 2020 bertema Bohemian Tropical. Foto: iStock

Desainer bunga asal Bali, Made Putra, saat ini hingga tahun depan pasangan pengantin juga menyukai gaya bohemian tropical untuk dekorasi pernikahan. Gaya ini pun lebih banyak menggunakan tanaman kering dan dedaunan ketimbang bunga berwarna-warni.

"Pakai palem kering, bohemian dapat, tropikalnya juga dapat. Kalau tropikal lebih banyak ke greenery-nya, banyak main di daun. Untuk bunganya pakai orchid, aloinopsis, dendrobium. Warna-warnanya nggak terlalu ngejreng," pungkas Made.

3. Eco-friendly
4 Tren Dekorasi Pernikahan 2020 yang Akan Banyak Digemari Pasangan PengantinTren dekorasi pernikahan 2020 ramah lingkungan. Foto: iStock

Semakin banyak pasangan yang lebih sadar akan kelestarian alam. Penggunaan elemen-elemen daur ulang atau ramah lingkungan juga akan banyak mewarnai tren dekorasi pernikahan 2020. Misalnya saja suvenir berupa bibit tanaman, undangan dari kertas daur ulang atau hiasan pelaminan menggunakan benda yang bisa dipakai kembali dan tanpa plastik untuk perlengkapan katering.

Penggunaan benda-benda daur ulang ini menghasilkan dekorasi bernuansa alam dan didominasi warna kecokelatan, putih, beige, abu-abu hingga hitam. Jangan lupakan tanaman kering yang juga bisa dipakai ulang di pesta pernikahan lainnya.


4. Minimalis
4 Tren Dekorasi Pernikahan 2020 yang Akan Banyak Digemari Pasangan PengantinTren dekorasi pernikahan 2020 yang minimalis. Foto: iStock

Seperti dikutip dari Line Abianca, tren dekorasi pernikahan 2020 yang akan banyak diminati adalah minimalis. Bukan gaya minimal yang terkesan kosong dan membosankan, tapi lebih pada penggunaan objek.

Tahun depan, dekorasi pernikahan akan memanfaatkan properti yang lebih sedikit tapi ditata secara harmonis. Teknik pencahayaan dan kombinasi warna tertentu menghasilkan dekorasi yang tampak indah tanpa harus memakai banyak perabotan. Maka penggunaan elemen gelas atau kaca transparan akan dapat mengakomodir kebutuhan itu.

Minimalis juga tersirat lewat warna. Palet muted seperti putih, beige, dusty pink, dusty mauve atau taupe akan banyak terlihat di pesta pernikahan tahun depan.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)