Daftar Persiapan Pernikahan yang Harus Dibuat Calon Pengantin

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 30 Nov 2019 11:30 WIB
Mau menikah dalam waktu dekat? Berikut contoh daftar persiapan pernikahan yang harus dibuat calon pengantin. (Foto: iStock) Mau menikah dalam waktu dekat? Berikut contoh daftar persiapan pernikahan yang harus dibuat calon pengantin. (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap pasangan yang menjalani hubungan tentunya ingin menuju ke tahap yang lebih tinggi lagi, yakni pernikahan. Dan mempersiapkan satu hari besar dalam hidup ini bukanlah hal mudah. Apalagi dengan banyaknya keinginan dari pasangan serta kedua belah pihak keluarga yang tidak bisa diabaikan, membuat calon pengantin terkadang begitu stres dalam persiapan pernikahan.

Belum lagi jika waktu persiapan pernikahan yang dipunya tidaklah banyak. Ada pasangan yang hanya punya waktu tiga bulan atau bahkan sebulan untuk mempersiapkan pernikahannya. Idealnya persiapan pernikahan dilakukan selama delapan bulan hingga satu tahun setelah pasangan memutuskan untuk menikah.

Wolipop berbincang dengan salah satu wedding organizer di Jakarta untuk mengetahui daftar persiapan pernikahan. Menurut pemilik Dua Organizer, Fitri Permana, berikut ini daftar persiapan pernikahan atau wedding planning checklist yang perlu diketahui calon pengantin:

1. Mengestimasi tanggal pernikahan

Urutan pertama dalam daftar persiapan pernikahan tentu saja menentukan tanggal pernikahan. Tentukan estimasi tanggal dan komunikasikan selalu kepada pihak keluarga. Fitri mengatakan bahwa orangtua terkadang memiliki saran dan permintaan terhadap pernikahan kamu, sehingga dalam urusan menentukan tanggal ini sebaiknya juga didiskusikan dengan mereka.


2. Tentukan tema pernikahan


Setelah mendapatkan tanggal, checklist persiapan pernikahan selanjutnya adalah menentukan tema. Mengapa menentukan tema terlebih dahulu, karena dari tema akan berlanjut ke hal selanjutnya, seperti budget, undangan, venue, dekorasi pakaian, dan lain-lainnya. Dan tentunya harus sesuai agar tidak salah konsep.

3. Menentukan bujet

Dari tema maka calon pengantin akan mengetahui lebih lanjut keinginan mereka yang lainnya dan bisa membuat estimasi bujet yang akan dikeluarkan. Menentukan bujet berada dalam tahapan persiapan pernikahan ketiga setelah memilih tanggal dan tema agar calon pengantin bisa memilih venue dan vendor sesuai bujet mereka.


4. Jumlah undangan dan menyeleksinya

Tahapan persiapan pernikahan selanjutnya adalah menentukan jumlah undangan. Dalam hal undangan sebaiknya calon pengantin banyak diskusi dengan pasangan dan orangtua, serta memberikan pengertian kepada orangtua khususnya jika kamu dan calon suami ingin menggelar pernikahan sederhana.

Siapkan undangan sekurangnya dua bulan sebelum pesta berlangsung. Kamu harus memperhitungkan segala revisi hingga proses cetak undangan yang bisa makan waktu sebulan lebih.

5. Venue atau Lokasi Pernikahan

Dari jumlah undangan maka tahapan persiapan pernikahan berlanjut ke pencarian venue yang sesuai dengan jumlah undangan dan tema yang dipilih.

Selanjutnya
Halaman
1 2