Dear Calon Pengantin, Ini Lho Hal Penting yang Perlu Dilakukan Sebelum Nikah

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 26 Nov 2019 19:32 WIB
Ilustrasi. Foto: iStock Ilustrasi. Foto: iStock

Jakarta - Pernikahan jadi salah satu momen paling membahagiakan yang dirasakan setiap pasangan. Tentunya banyak persiapan yang perlu dilakukan bagi calon pengantin yang akan segera menikah. Selain mental beberapa tes kesehatan juga perlu dilakukan oleh calon pengantin.

Menurut dokter Venita Eng setiap harinya ada 50 perempuan Indonesia meninggal karena kanker serviks di usia produktif 35-55 tahun. Venita pun mengungkapkan dalam sisi medis ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk calon pengantin terutama wanita. Apa saja?

1. Vaksin HPV

Salah satunya adalah mencegah kanker serviks dengan melakukan vaksin HPV sebelum menikah. Dokter yang juga aktif di Yayasan Kanker Indonesia ini pun menuturkan bahwa pemberian vaksin HPV terbaik diberikan sebelum nikah, baik wanita maupun pria.

"Sebenarnya waktu yang tepat untuk vaksin HPV ini adalah usia 9 sampai 13 tahun, karena respon imun remaja sudah sangat baik. Pada saat remaja mereka sudah terproteksi dan bisa bertahan," kata Venita di acara Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) Sehat Sebelum Nikah di Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).



2. Vaksin Hepatitis B

Venita juga menjelaskan calon pengantin wanita dan pria juga perlu untuk mencegah penyakit hepatitis dengan melakukan vaksin. "Untuk disuntik juga dua-duanya, karena itu kan ada penularan seksual," jelasnya.

3. Vaksin MMR dan Flu

Vaksin MMR merupakan vaksin untuk mencegah penyakit campak, rubella, dan gondongan. Vaksin ini penting dilakukan oleh perempuan yang akan menikah untuk mencegah penyakit saat tengah hamil.



"Jangan sampai kena caca pas lagi hamil. Flu juga kan sebisa mungkin perempuan hamil jangan flu karena sebagian besar obat flu itu tidak aman untuk wanita yang tengah mengandung," tutur Venita.

Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)