Karena Gengsi Keluarga, Wanita Ini Ngutang Pernikahan Rp 754 Juta

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 16 Nov 2019 16:08 WIB
Foto: Dok. iStock Foto: Dok. iStock

Jakarta - Pernikahan mewah dengan segala sesuatunya yang tampak indah menjadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, beberapa pasangan memilih untuk mengambil pinjaman. Hal tersebut memang tak selalu salah jika jumlahnya masih wajar dan yakin bisa dibayar. Tapi jangan hanya karena gengsi mau menggelar perkawinan megah, Anda sampai terlilit utang ratusan juta seperti cerita wanita ini.

Beberapa waktu lalu cerita wanita bernama Alexandra Prawiro yang dibagikan oleh akun Instagram Jouska Indonesia menjadi viral di Facebook. Membagi kisahnya, Alexandra mengaku pernah mengalami 'wedding disaster' atau bencana pernikahan ketika orangtua terlalu banyak berutang untuk rangkaian acara perkawinannya. Pada akhirnya Alexandra lah harus berusaha untuk membayar Rp 754 juta untuk acara yang 80% tamunya tidak dikenal.

Menurut penuturan Alexandra, tampaknya ia berasal dari keluarga yang bisa dibilang terpandang. Ia mengaku punya ibu turunan ningrat dan ayah seorang 'urban hustler' yang mengejar sekolah tinggi dengan beasiswa. Ia pun diajarkan untuk melihat bibit, bebet, bobot dalam memilih pasangan. Karena itu, mungkin orangtuanya ingin menggelar pernikahan mewah dan mengundang banyak Setelah berbohong mengenai 'kualifikasi' calon suami akhirnya Alexandra diperbolehkan menikah. Tak lama kedua keluarga bertemu untuk menentukan tanggal pernikahan sesuai perhitungan Jawa.

Sejak awal, suami Alexandra merogoh kocek dalam untuk memenuhi daftar seserahan. Namun wanita asal Jawa Timur itu tidak terlalu berpikir mengenai uang pernikahannya karena berpikir semua sudah diurus keluarga. Tapi saat hari pernikahan yang diadakan di hotel bintang lima, mulai ditemukan keanehan. Makeup artist mengaku tidak punya ongkos pulang karena orangtuanya baru membayar DP.

Dua hari kemudian, Alexandra menemukan ibunya menangis di rumah ketika akan membawa barang-barang untuk pindah ke apartemen suami. Terungkap jika petugas katering menagih sisa pembayaran sebanyak Rp 400 juta dari harga Rp 900 juta. Ternyata biaya gedung dan makeup pun belum lunas. Setelah bertanya-tanya, mereka berutang sebanyak Rp 754 juta.

"Urusan acara di Jakarta ini yang paling bikin runyam. Setelah aku investigasi kanan kiri, sementara catatan di tanganku utang vender totalnya Rp 745 juta. Ini yang ketahuan aku ya. Ini yang aku nembusin langsung ke vendornya. Soalnya papa memilih tutup mulut kalau kuajak ngebas ini," ungkapnya.

Ketika itu, rangkaian pernikahan sebenarnya belum berakhir. Masih ada prosesi ngunduh mantu yang harus dijalani. Alexandra pun berencana membicarakan masalah utang dengan orangtuanya setelah mereka pulang ke Jakarta. Tapi ia malah diberikan tiket bulan madu ke Maldives.

"Dan, mana berani pula aku ngelawan. Bisa dilempar sapu duluan aku nanti. Jadi, aku diem-diem berusaha membantunya," kata Alexandra.

Sepulangnya dari bulan madu yang tidak terlalu dinikmati karena terpikir utang, Alexandra dan suami pun berusaha memutar otak untuk melunasi utang pernikahan. Suaminya yang memiliki utang Rp 100 juta akhirnya meminjam uang dari teman. Alexandra juga berusaha membayar utang diam-diam dengan menggadaikan rumah orangtua dan menjual mobil pemberian orangtua. Ia pun masih akan mencicil hingga beberapa tahun ke depan.

Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)