Kontroversi Pria yang Nikahi Wanita 57 Tahun Lebih Tua Demi Bebas Wamil

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 02 Okt 2019 11:38 WIB
Ilustrasi pernikahan. Foto: Polka Dot Bride Ilustrasi pernikahan. Foto: Polka Dot Bride

Vinnitsa - Seorang pria muda asal Ukraina ini jadi kontroversi setelah memutuskan untuk menikahi wanita berusia 81 tahun. Bukan karena cinta, ia menikahi wanita yang 57 tahun lebih tua darinya untuk menghindari wajib militer (wamil).

Pada akhir 2017, Seorang pemuda dari kota Vinnitsa di Ukraina menerima surat-surat wajib militernya. Alexander Kondratyuk harus melapor ke komisariat militer terdekat untuk mendaftar dan menjalani dinas militer selama satu tahun.

Seperti dilansir Oddity Central, semua pria Ukraina berbadan sehat berusia 18 hingga 26 tahun harus menjalani dinas militer. Namun, ada satu pengecualian yakni jika orang tersebut bertanggung jawab untuk menjaga istri yang cacat, ia akan dibebaskan dari pelayanan wajib militer.

Alexander kemudian meminta nenek sepupu berusia 81 tahun yang mengalami keterbelakangan fisik untuk menjadi istrinya. Pasangan ini pun kini telah menjalani biduk pernikahan hampir dua tahun. Pria berusia 24 tahun ini kemudian akan dianggap terlalu tua untuk menjalani dinas militer, dan mungkin akan menceraikan istrinya yang berusia delapan puluhan.


Alexander KondratyukAlexander Kondratyuk Foto: Istimewa


Kasus aneh ini pertama kali menjadi berita utama pada awal 2018, ketika komisariat militer di Vinnitsa mengajukan pengaduan ke kantor kejaksaan dengan harapan pernikahan antara Alexander dan Zinaida Illarionovna dibatalkan. Mereka yakin bahwa Alexander telah memalsukan dokumen pernikahan untuk menghindari dinas militer, tetapi sebuah investigasi menunjukkan bahwa keduanya secara resmi telah menikah di desa Baykovka, dekat Vinnitsa.

Setelah kantor pendaftaran tindakan sipil mengonfirmasi bahwa pernikahan Alexander Kondratyuk adalah sah. Ia pun mendapatkan hak istimewa untuk mundur dari dinas militer karena harus mengurus sang istri yang 57 tahun lebih tua darinya.

Namun, awal bulan ini, pers Ukraina membawa berita itu kembali menjadi sorotan dan bertanya kepada perwakilan militer tentang rencana yang dilakukan pada kasus Alexander ini. Direktur komisariat yang bertanggung jawab atas wajib militer di wilayah Vinnitsa pun mengatakan bahwa Alexander memiliki hak untuk menunda dokumen rancangannya, karena ia adalah penjaga istrinya yang difabel. Dan karena akta nikah yang sah serta dokumen yang membuktikan tempat tinggal Alexander di rumah istrinya telah dibuat, tidak ada yang dapat dilakukan militer.

Istri Alexander Kondratyuk yang 57 tahun lebih tua darinyaIstri Alexander Kondratyuk yang 57 tahun lebih tua darinya Foto: Istimewa


Alexander sendiri terus menyangkal bahwa ia hanya menikahi Zinaida yang berusia 81 tahun untuk menghindari dinas militer. Ia pun menegaskan bahwa dirinya memiliki perasaan yang sangat kuat pada istrinya.

Sementara itu, sang istri mengatakan kepada wartawan bahwa Alexander adalah suami yang baik yang merawatnya. Tapi di sisi lain, para tetangga mengatakan kepada stasiun TV lokal bahwa pernikahan itu benar-benar palsu.

Simak Video "Sedang Live, Ratu Kecantikan Ini Kecelakaan dan Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)