Pengantin di Jakarta Ditipu WO di Hari-H, Ini Tips Memilih Wedding Organizer

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 28 Agu 2019 17:35 WIB
Ilustrasi pengantin. Foto: Dok. iStock Ilustrasi pengantin. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Seorang pengantin di Jakarta Timur mengalami nasib menyedihkan di hari-h pernikahannya. Wedding Organizer pernikahannya kabur tanpa menyiapkan apapun untuk pernikahannya.

Kisah sang pengantin ini menjadi viral setelah diunggah seorang pengguna Twitter dengan nama akun @_ifad. Pemilik akun bernama itu berbagi cuitan yang dialami temannya di Instagram. Teman @_ifad bernama Raras yang merupakan seorang vendor catering menceritakan ada pengantin yang ditipu oleh wedding organizer.

"Tidak ada perwakilan WO yang datang sampai saat mau akad nikah. Keluarganya udah pingsan-pingsan nggak ada yang bisa dihubungi, tapi akad mesti jalan dengan solusi dipinjamkan di gedung lain yang masih satu area sama gedung itu," cerita Raras di Instastory-nya.



Raras yang memang sudah paham seluk-beluk soal persiapan pernikahan itu pun sempat berbagi sedikit nasihat untuk para calon pengantin. "Yang jelas buat pelajaran nih calon pengantin, jangan mau diiming-imingi harga murah, kantor nggak jelas dan janji-janji manis atau cuma sebatas dari Instagram. Sebelum DP lo mesti tau dulu dan ngobrol sama vendor-vendornya yang partneran sama dia, minimal punya kontaknya," katanya.

Agar tidak ditipu wedding organizer seperti pengantin di Jakarta yang kisahnya viral ini, berikut beberapa hal yang perlu perhatikan dalam menggunakan jasa Wedding Organizer (WO) untuk pernikahan:

1. Referensi
Cara paling mudah mencari WO adalah melalui testimonial orang-orang yang dipercaya. Kamu bisa bertanya kepada teman, saudara atau bahkan rekan kerja. Cara lain memilih WO adalah dengan mencarinya melalui internet. Lihatlah company profile, dokumentasi acara dan paket-paket yang ditawarkan.

2. Lakukan Interview
Wawancara beberapa WO yang menjadi pilihan (tidak hanya satu). Dengan begitu kamu akan mengetahui apakah WO tersebut cocok bekerjasama dengan kamu dan pasangan atau tidak. Mendapatkan WO yang sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah, cari yang paling bisa mengerti keinginan kamu.

3. Kemampuan Mengolah Konsep
Sangat penting bagi WO untuk mengolah sebuah konsep pernikahan agar kamu bisa membayangkan bagaimana indahnya hari besar kamu tersebut. Berikanlah konsep dasar yang kamu inginkan dan biarkan mereka mengembangkannya. Kamu bisa menilai kemampuan WO tersebut saat dia memberikan gambaran seperti apa konsep kamu nanti ketika direalisasikan.

4. Fleksibel dengan Budjet
Hal ini berkaitan erat dengan kreativitas sebuah WO dalam meramu sebuah konsep. WO yang baik akan mampu memaksimalkan bujet kliennya untuk menghasilkan event pernikahan yang berkesan. Maka selama budget kamu masuk akal, jangan ragu untuk mengajukannya pada pihak WO, dan minta mereka mengajukan proposal berdasarkan budget tersebut.

5. Kru Yang Komunikatif
Jangan lupa untuk memperhatikan yang satu ini karena pada dasaranya jalinan kerjasama dengan siapapun melibatkan komunikasi antar manusia. Cobalah untuk mengenal kru WO pernikahan kamu dengan meminta waktu bertemu. Dari situ kamu bisa tahu apakah layanan dan gaya komunikasi mereka cukup profesional.

6. Survei
Paling penting dalam memilih WO adalah dengan melakukan survei ke kantor WO tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena maraknya penipuan oleh WO. Hindari meeting di mall atau restoran agar kamu bisa mengetahui apakah memang WO tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Selain survei langsung ke kantor WO, kamu juga perlu mendatangi lokasi vendor-vendor yang akan terlibat di pernikahan. Pastikan WO tersebut ikut serta denganmu saat datang ke tempat vendor. Lihat gerak-gerik dan cara komunikasi WO dengan vendor. WO yang profesional biasanya akan memberikan ide atau menceritakan pengalamannya dengan vendor tersebut beserta bukti berupa foto atau video.



Simak Video "Saking Cinta Reptil, Pengantin Ini Jadikan Ular Sebagai Ikon Resepsi"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)