5 Alasan Pernikahan Miley-Liam Hanya Seumur Jagung Padahal Pacaran Lama

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 24 Agu 2019 16:04 WIB
Miley Cyrus dan Liam Hemsworth. Foto: Neilson Barnard/Getty Images Miley Cyrus dan Liam Hemsworth. Foto: Neilson Barnard/Getty Images

Jakarta - Miley Cyrus dan Liam Hemsworth menjalani masa pacaran jangka panjang yang diwarnai putus-nyambung. Setelah 10 tahun menjalin asmara, keduanya memutuskan menikah diam-diam pada Desember 2018.

Sayangnya pernikahan dua sejoli ini berlangsung sebentar. Hanya delapan bulan setelah mengikat janji suci yang hanya dihadiri kerabat dan teman dekat, Miley dan Liam, mengakhiri biduk rumah tangga mereka.

Perceraian ini mengejutkan banyak pihak karena usia pernikahan mereka jauh lebih singkat ketimbang masa pacaran yang sudah mencapai satu dekade. Kenapa bisa terjadi?

Ini lima alasan kenapa pasangan yang telah berpacaran lama bisa cepat berpisah justru setelah mereka menikah, seperti dipaparkan Brightside.

1. Kurang Komitmen
Foto: Instagram/@mileycyrus

Tak peduli masa pacaran singkat atau berlangsung lama, jika sebuah hubungan tak diikat dengan komitmen yang cukup untuk saling pengertian, tetap bisa berakhir dengan perceraian. Saat pacaran dan masih berusia muda, biasanya pasangan selalu menemukan cara-cara untuk membuat hubungan mereka selalu bergejolak dan hangat.

Ada saja perlakuan dari masing-masing pihak yang membuat pasangannya merasa spesial. Tapi ketika hubungan diresmikan tanpa adanya komitmen bagaimana rumah tangga akan dijalankan, keberadaan pasangan jadi tak istimewa lagi. Mereka tidak lagi menghargai satu sama lain seperti sebelumnya dan jarak di antara pasangan pun melebar.

2. Terlalu Berapi-api di Awal Hubungan
Foto: Getty Images

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Social Psychology, pasangan kekasih yang terlalu berapi-api menunjukkan kemesraan di awal hubungan asmara mereka, lebih rentan mengalami perceraian saat menikah. Mengapa?

Ungkapan cinta dan sayang yang terlalu diumbar setiap waktu bisa membuat keduanya sama-sama bosan. Sehingga tidak tersisa lagi 'percikan' untuk menjaga hubungan tetap semarak. Kebosanan ini biasanya dirasakan setelah pernikahan, saat pasangan tak menemukan lagi hal-hal menarik untuk dilakukan bersama.
3. Prioritas yang Berubah
Foto: Miley Cyrus dan Liam Hemsworth (Getty Images/Neilson Barnard)

Dalam pernyataan resminya, Miley Cyrus dan Liam Hemsworth bercerai karena perbedaan visi dalam pernikahan mereka. Dikatakan bahwa pasangan yang bertemu lewat proyek film 'The Last Song' itu ingin fokus pada karier mereka masing-masing.

Di sini terlihat kalau prioritas dan kebutuhan mereka telah berubah, yang sayangnya, tidak lagi sejalan. Perubahan memang tidak terelakkan dalam sebuah pernikahan, tinggal bagaimana pasangan menyikapinya, mencari jalan tengah agar bisa dilalui bersama atau bersikeras ingin fokus pada diri sendiri dan mencapai tujuan masing-masing. Jika hal kedua yang dipilih, maka perceraian tak terelakkan.

Pernikahan memang sesuatu yang indah tapi juga diperlukan komitmen, kesabaran dan cinta level tinggi agar bisa bertahan lama. Dalam kasus Miley dan Liam tampak keduanya merasa terbebani dengan tanggung jawab mereka sebagai suami-istri dan lebih memilih jalan masing-masing.

4. Ada Sisi Lain dari Pasangan yang Tidak Diketahui
Foto: Dok. istock

Saat pacaran, biasanya seseorang akan menunjukkan sisi terbaiknya, agar terkesan selalu bagus di mata pasangan. Jadi berpacaran jangka panjang tak menjamin kamu tahu pribadi kekasih luar-dalam.

Tapi ketika sudah menikah dan hidup bersama, menjalani kehidupan bersama setiap hari, sifat asli seseorang lama kelamaan akan terungkap. Suami akan menemukan hal-hal baru tentang istrinya begitu pun sebaliknya. Hal baru itu bisa menyenangkan, tapi bisa juga buruk.

Sifat asli pasangan yang baru diketahui setelah menikah ini bisa membuat salah satu/dua pihak terkejut. Membuat sulit menerima sisi lain dari pasangan dan akhirnya baru menyadari kalau keduanya sebenarnya tidak cocok.
5. Tidak Menemukan Rasa 'Klik' yang Sebenarnya
Foto: Dok. iStock

Pernikahan tidak selalu diwarnai dengan kehangatan dan momen romantis. Ada kalanya suami merasa sedikit bosan dengan istri begitu juga sebaliknya. Ada pula saat di mana salah satu pihak menginginkan waktu untuk sendiri. Intinya, dibutuhkan saling pengertian yang besar.

Pasangan yang menikah tanpa memikirkan hal tersebut secara mendalam, berpikir kalau semuanya akan baik-baik saja, karena masa pacaran yang sudah cukup lama. Tapi nyatanya kehidupan pacaran sangat berbeda dengan kehidupan rumah tangga. Secara mental mereka belum siap untuk mengemban tanggung jawab itu sehingga pernikahan hanya bertahan beberapa bulan.

Simak Video "Naik Turun Perjalanan Cinta Miley Cyrus dan Liam Hemsworth"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)