3 Tahapan Persiapan Pernikahan yang Wajib Diketahui Agar Hari-H Berkesan

Silmia Putri - wolipop Minggu, 07 Apr 2019 11:10 WIB
Ilustrasi pasangan pengantin. Foto: Dok. iStock Ilustrasi pasangan pengantin. Foto: Dok. iStock

Jakarta - Persiapkan pernikahan bagi calon pengantin menjadi momen yang cukup menantang. Ada banyak tahapan persiapan pernikahan yang harus dilakukan dengan matang, mulai dari memilih tempat, vendor katering, hingga perintilan seperti suvenir dan undangan pernikahan. Untuk mewujudkan pernikahan impian, berapa lama waktu idel mempersiapkan semua itu?

Hengky Wirawan selaku Wedding Expert mengungkap waktu ideal untuk mempersiapkan pernikahan adalah sembilan bulan. Rentang waktu ini terbagi menjadi tiga tahapan, masing-masing fase memakan waktu tiga bulan. Pembagian tahapan persiapan pernikahan ini bisa memudahkan para pengantin untuk mewujudkan hari-h yang lancar dan berkesan. Berikut tiga tahapan persiapan pernikahan yang wajib calon pengantin ketahui:

Tahapan Pertama

"Tiga bulan pertama, mereka menemukan venue, vendor dekor, dan wedding organizer. Tiga item ini memegang peranan paling penting," ungkap Hengky Wirawan pada acara Press Conference Indonesia International Wedding Festival (IIIWF) 2019, di Jakarta Convention Center, Jumat (5/4/2019).

Tiga hal tersebut dinilai Hengky akan sangat memengaruhi budget keseluruhan acara. Pada tahapan pertama persiapan pernikahan ini juga bisa memakan waktu lebih lama dari dua tahapan selanjutnya. Menurut Hengky, tahapan pertama bisa memakan budget sekitar 70%.



Tahapan Kedua

"Di fase kedua, mereka mulai menentukan desain dekorasi dan desain undangan biar ada benang merah di antara keduanya. Mereka juga mulai mencari gaun pernikahan apakah kebaya atau baju modern," terang Hengky.

Memasuki tahapan persiapan pernikahan selanjutnya, para calon pengantin mulai memasuki ranah desain baik itu dalam kartu undangan maupun baju pengantin. Karena sudah tahu venue pernikahan di mana, dan dekor seperti apa, akan lebih mudah bagi calon pengantin untuk menentukan busana pengantin yang cocok

Tahapan Ketiga

"Fase terakhir merupakan finalisasi dari apa yang sudah direncanakan seperti fitting baju, foto prewedding, dan food testing," tutur Hengky.

Sebaiknya, di tahapan persiapan pernikahan terakhir ini para calon penganten sudah tinggal melakukan pengecekan saja. Kenapa membutuhkan tiga bulan? Hal ini untuk memberikan waktu luang jika ada hasil yang kurang memadai, seperti ukuran baju yang kurang tepat atau makanan yang kurang enak.


(sil/eny)