Gaya Iriana Jokowi Manortor Pakai Kebaya Merah di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 25 Nov 2017 11:21 WIB
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Iriana menghadiri prosesi adat pernikahan putri mereka, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017) pagi. Dalam prosesi tersebut, Ibu Negara mengikuti ritual manortor atau menari tor-tor dalam balutan kebaya klasik merah.

Aksi manortor Iriana itu adalah bagian dari dari Mata Ni Horja atau puncak pesta adat Mandailing pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Prosesi berlangsung di kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency, Medan.

Gaya Iriana Jokowi Manortor Pakai Kebaya Merah di Pesta Adat Kahiyang-BobbyFoto: Andhika Prasetia/detikcom


Untuk acara tersebut, kebaya merah rancangan Tuty Adib menjadi andalan Iriana. Tuty adalah desainer yang juga merancang kebaya Kahiyang dan Iriana untuk acara pernikahan di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

"Untuk kebaya merah ini, dibuat dalam siluet klasik dengan detail manik-manik pada bagian kerahnya," kata Tuty Adib melalui pesan singkat kepada Wolipop, Sabtu.

Gaya Iriana Jokowi Manortor Pakai Kebaya Merah di Pesta Adat Kahiyang-BobbyFoto: Andhika Prasetia/detikcom


Ia mengatakan hanya diminta Ibu Negara untuk merancang kebaya. Sementara kain bawahan Iriana di luar tanggung jawab Tuty. "Saya hanya menyiapkan kebayanya," ujar Tuty yang mengaku hanya beberapa hari membuat kebaya tersebut.

Di acara tersebut, Iriana tampak memakai songket merah keemasan berikut veil atau kerudung berwarna senada. Sehelai kain ulos khas Mandailing lalu dipakainya saat hendak menari tor-tor.

(dtg/kik)