Isi Seserahan Pernikahan Apa Saja? Ini 13 Daftarnya yang Perlu Dicatat

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 02 Apr 2022 14:01 WIB
Isi seserahan pernikahan. Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor Isi seserahan pernikahan. Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor
Jakarta -

Salah satu tradisi yang harus dilakukan saat mengucap janji suci adalah memberikan seserahan pernikahan. Apa saja isi seserahan pernikahan yang perlu diberikan untuk calon mempelai wanita?

Di Indonesia, biasanya seserahan diberikan oleh mempelai pria untuk calon pengantin wanitanya. Seserahan ini nantinya akan dihias cantik dan dibawa saat pernikahan berlangsung.

Isi seserahan pernikahan akan menjadi simbol kesanggupan calon pengantin pria untuk mencukupi kebutuhan calon istri yang akan dinikahinya. Sebaiknya, isi seserahan pernikahan merupakan barang yang bermanfaat dan bisa dipakai.

Sebenarnya tak ada ketentuan khusus mengenai daftar isi seserahan pernikahan yang perlu diberikan. Namun jika mau ditambah uang, barang mewah, atau hal unik lainnya juga dipersilakan.

Berikut ini daftar isi seserahan pernikahan yang selalu ada:

1. Perlengkapan Ibadah

Seserahan PernikahanIsi Seserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu isi seserahan pernikahan yang penting. Pemberian perlengkapan ibadah ini bermakna untuk mengingatkan calon mempelai tetap berpegang teguh pada Tuhan selama mengarungi bahtera rumah tangga.

Bagi kamu yang beragama Islam, isi seserahan pernikahan bisa berupa Al-Quran, tasbih, mukenah, hingga sajadah. Sedangkan, bagi yang beragama lain, isi seserahan pernikahan bisa disesuaikan dengan perlengkapan ibadah sesuai kepercayaannya masing-masing.


2. Setelan Pakaian

Seserahan PernikahanSeserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Isi seserahan pernikahan yang tak boleh dilewatkan adalah serangkaian pakaian. Ada berbagai macam pakaian yang bisa diberikan, seperti pakaian tidur, pakaian kerja, pakaian kasual, hingga pakaian pesta.

Tak ada ketentuan khusus tentang pakaian apa yang harus diberikan. Mempelai pria perlu mendiskusikan dengan calon pengantin wanita, pakaian apa saja yang dibutuhkannya.

3. Perhiasan

Seserahan PernikahanSeserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Perhiasan merupakan salah satu daftar isi seserahan pernikahan. Biasanya dapat berupa cincin, kalung, atau anting-anting. Jenis dan jumlah perhiasan yang diberikan tentu disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria.

4. Makeup

Seserahan PernikahanSeserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Isi seserahan pernikahan yang perlu diberikan lainnya adalah alat kecantikan atau makeup. Bedak, foundation, lipstik, maskara, eyeshadow hingga set brush biasanya menjadi daftar yang melengkapi isi seserahan pernikahan.

Jenis makeup bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon mempelai wanita. Mereknya pun bisa beragam tergantung pilihan sang pengantin. Pemberian makeup sebagai isi seserahan pernikahan ini bertujuan agar wanita bisa menjaga penampilan cantik di depan pasangannya.

5. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi seperti sisir, sabun cuci muka, sikat dan pasta gigi, handuk, sabun, dan shampoo juga masuk dalam daftar isi seserahan pernikahan. Calon pengantin pria yang memberikan perlengkapan mandi untuk mempelai wanitanya ini diartikan ia mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari pasangannya.

6. Tas

Seserahan PernikahanSeserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Untuk melengkapi kebutuhan wanita, tas merupakan aksesoris yang jadi isi seserahan pernikahan. Model tas pun disesuaikan dengan keinginan calon mempelai wanita, namun juga berdasarkan kesanggupan si calon pria.

7. Sepatu

Seserahan PernikahanSeserahan Pernikahan Foto: Dok. Instagram @seserahan_id, @seserahan_by_rosearbor

Mengapa sepatu jadi salah satu daftar isi seserahan pernikahan yang selalu ada? Karena alas kaki atau sepatu merupakan barang yang wajib digunakan saat pergi ke luar rumah untuk melindungi kaki agar tidak terluka.

Isi seserahan pernikahan apa saja lagi? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2