ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Tren Undangan Pernikahan

4 Model Undangan Pernikahan yang Jadi Tren 2022, Calon Pengantin Perlu Tahu!

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 23 Feb 2022 10:47 WIB
Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @gifu_invitation. Tren undangan pernikahan 2022. Foto: Dok. ccweddinginvitation.
Jakarta -

Bagi pasangan yang ingin menikah, salah satu persiapannya adalah mencari undangan pernikahan. Sudah tahu model undangan pernikahan yang diinginkan? Sebagai referensi, berikut model undangan pernikahan yang akan jadi tren di 2022.

Undangan pernikahan dari tahun ke tahun mengalami perkembangan. Mulai dari bahan kertas yang digunakan, desain dan juga bentuk undangannya.

Dan kini saat masa pandemi, undangan pernikahan pun sudah berubah bentuknya. Dalam rangka mematuhi protokol kesehatan, undangan pernikahan umumnya disebar dalam bentuk digital. Namun tak sedikit calon pengantin yang tetap membagikan undangan pernikahan secara fisik, dengan berbagai alasan.

Bingung menentukan undangan pernikahan? Wolipop sudah mewawancarai dua vendor undangan pernikahan yang laris manis dan mempunyai desain yang unik untuk mengetahui model undangan pernikahan 2022. Berikut ulasannya:

1. Tren Undangan Pernikahan Desain Minimalis

Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation.Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation. Foto: Dok. Instagram @ccweddinginvitation.

Menurut Ilham Permana sebagai pemilik vendor jasa undangan pernikahan, Ccweddinginvitation, selama pandemi, ada perubahan dalam hal jumlah undangan yang dipesan. Kini para pelanggan rata-rata memesan undangan pernikahan dengan jumlah sekitar 50-300 undangan.

Pelanggan lebih memilih desain yang minimalis dan simpel, namun tetap berkesan. "Jenis undangan yang dipesan pun yang simpel, yang harganya di bawah Rp 10 ribu/pcs dan sepertinya untuk 2022 ini masih seperti itu," ucap Ilham kepada Wolipop.

2. Tren Undangan Pernikahan Pastel Nude

Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation.Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation. Foto: Dok. Instagram @ccweddinginvitation.

Ilham yang mendirikan Ccweddinginvitation sejak tahun 2015 menuturkan tren undangan pernikahan 2022 desain atau modelnya lebih ke arah yang ekspresif dan warna-warna nude pastel.

Warna pastel menjadi pilihan karena aesthetic dan cocok untuk generasi milenial. Umumnya warna pastel sage green yang sedang hits, pastel nude dan warna teduh lainnya.

3. Tren Undangan Pernikahan Nuansa Tropical

Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation.Rekomendasi undangan pernikahan aesthetic dari @ccweddinginvitation. Foto: Dok. ccweddinginvitation.

Selain desain minimalis dan warna pastel, model undangan pernikahan selanjutnya yang menjadi tren 2022 adalah nuansa tropical. Ilham menjelaskan tema ini diusung calon pengantin yang biasanya menyelenggarakan acara pernikahan di outdoor dan intimate. "Jadi berpengaruh juga ke desain sepertinya," katanya.

4. Tren Undangan Pernikahan Perpaduan Modern dan Tradisional

Rekomendasi undangan pernikahan modern campur tradisional dari @gifu_invitation.Rekomendasi undangan pernikahan modern campur tradisional dari @gifu_invitation. Foto: Dok. Instagram @gifu_invitation.

Vendor jasa cetak undangan pernikahan, Gifu menawarkan berbagai pilihan undangan pernikahan. Mulai dari undangan blanko, softcover, hardcover dan akrilik.

Cyntia Jasmine Utomo, sebagai pemilik Gifu menuturkan model undangan pernikahan yang jadi tren 2022 adalah modern. "Tahun 2022 ini banyak calon pengantin yang memesan undangan dengan tema modern namun tetap ada sentuhan tradisionalnya," kata Cyntia Jasmine Utomo.

Tak berbeda jauh dengan Ilham, Cyntia menjelaskan situasi pandemi membuat vendor jasa undangan pernikahan memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhan calon pengantin. Salah satunya adalah dengan melayani cetak undangan dalam jumlah sedikit.

"Di tengah pandemi, kami melayani undangan dalam jumlah yang sedikit, pengerjaan cepat, dan pengerjaan hanya dua minggu saja," tutup wanita yang mendirikan Gifu sejak Mei 2017, dan resmi menjadi PT. Elyon Kriya Aguna itu.

(gaf/eny)