ADVERTISEMENT

Liputan Khusus Seserahan Pernikahan

Ini Makna dan Jenis Seserahan Bagi Pasangan yang Ingin Menikah

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 20 Des 2021 08:43 WIB
Foto seserahan. Makna dan jenis seserahan. Foto: Dok. Instagram @ashanty_ash.
Jakarta -

Bagi kamu yang ingin menikah, salah satu yang wajib dipersiapkan adalah seserahan. Lalu apa makna dan jenis seserahan pernikahan?

Menurut Anindita Dewayani sebagai pemilik vendor seserahan Rose Arbor, makna seserahan adalah simbol bahwa calon pengantin pria mampu menafkahi calon istri dengan baik, setelah pernikahan. Dan simbol dari seserahan itu adalah kebutuhan tubuh dari yang paling atas sampai bawah.

"Simbol yang diwujudkan dengan barang, kebanyakan itu sebagai prestige bagi calon pengantin pria, seberapa mampu ia bisa menafkahi calon pengantin wanita," kata wanita yang akrab disapa Dita itu kepada Wolipop.

Dita dikenal sebagai pendiri vendor seserahan Rose Arbor yang sudah melayani seserahan pernikahan untuk selebriti Tanah Air, seperti Raisa, Raditya Dika, Nikita Willy, Aurel Hermansyah dan masih banyak lagi. Mengenai acara pemberian seserahan, Dita menjelaskan tergantung kesepakatan dari calon pengantin.

Foto Seserahan.Foto isi seserahan. Foto: Dok. Instagram @seserahan_by_rosearbor.

"Waktu pemberian seserahan tergantung acara yang dipilih, kalau ada acara lengkap mulai lamaran atau acara adat. Biasanya barang seserahan di malam acara lamaran," jelasnya.

Ada juga calon pengantin yang tidak memakai acara adat. Untuk kondisi tersebut, biasanya seserahan sudah dibawakan secara lengkap saat acara lamaran.

"Selain itu seserahan ada yang diberikan acara akad nikah. Lamaran hanya makan saja (acara keluarga). Barang seserahan beserta mahar untuk pengantin wanita bisa juga diberikan pada acara akad nikah," ucap Dita.

Jenis Seserahan

Dikutip dari situs Bridestory, makna dan jenis seserahan pernikahan biasanya berupa kebutuhan pribadi untuk calon mempelai wanita yang digunakan setelah berumah tangga. Untuk menentukan barang apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam seserahan, kedua belah pihak calon pengantin akan memilih untuk melakukan diskusi terlebih dahulu.

Calon mempelai wanita dapat mengajukan permintaan khusus sesuai dengan apa yang diinginkan untuk seserahan, mulai dari merek tertentu, jenis produk, hingga berapa jumlah seserahan yang perlu dibawa. Pastikan kamu dan pasangan juga telah menyatakan kesepakatan tanpa memberatkan salah satu pihak.

Untuk memudahkannya, berikut rekomendasi jenis seserahan untuk pernikahan:

1. Seperangkat Alat Salat

Bagi pengantin Muslim, memberikan seserahan berupa seperangkat alat salat telah menjadi tradisi tersendiri, mengingat sarana ibadah yang satu ini memiliki makna yang cukup mendalam. Pasalnya, seperangkat alat salat diberikan dengan harapan agar sang mempelai perempuan senantiasa menjalankan ibadah wajib sesuai perintah Allah SWT. Tidak hanya sebagai seserahan, seperangkat alat salat juga bisa dijadikan sebagai mahar.

2. Peralatan Kecantikan atau Perlengkapan Mandi

Ingatlah bahwa seserahan pernikahan harus bermanfaat untuk sang mempelai perempuan di kemudian hari. Jadi, pastikan jenis produk dan merek yang kamu pilih telah terbukti cocok untuk dikenakan. Jika kamu belum merasa yakin, jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu kepada pasangan, mengingat biasanya mereka telah memiliki sejumlah produk favorit yang disukai. Ketika memilih produk berupa alat kecantikan atau body care, jangan lupa untuk mencocokkannya juga dengan karakteristik pasangan kamu.

3. Tas dan Alas Kaki

Wanita tentunya tidak pernah lepas dengan produk penunjang penampilan seperti tas ataupun sepatu. Beberapa dari mereka bahkan memiliki pemahaman yang cukup tinggi tentang berbagai merek ternama. Walaupun telah mengoleksi dalam jumlah banyak, sebagian besar wanita masih memiliki produk impian yang belum sempat terwujud. Jadi, untuk seserahan berupa tas dan sepatu, ajaklah pasangan kamu untuk berbicara empat mata mengenai barang impian yang ia inginkan.

4. Pakaian dan Set Perhiasan

Pakaian dan aksesori menjadi salah satu item yang tidak boleh terlewatkan. Seserahan yang berisi sandang ini dapat berupa baju tidur, bathrobe, kain tradisional, hingga pakaian formal. Sementara untuk set perhiasan, kamu dapat memilih desain yang disesuaikan dengan personality pasangan, mulai dari cincin, gelang, anting, hingga liontin. Pastikan juga untuk memilih vendor perhiasan profesional yang bersertifikasi.


Walaupun terbilang berbeda, rupanya kini banyak dari calon pengantin yang lebih memilih untuk menerapkan isi dari seserahan pernikahan ke dalam acara lamaran mereka. Hal ini semata-mata agar pada saat Hari-H pernikahan, pihak laki-laki tidak perlu lagi membawa seserahan dalam jumlah besar.

Itulah makna dan jenis seserahan pernikahan. Semoga bermanfaat untuk kamu para calon pengantin.

(gaf/eny)