Tren Dekorasi Pernikahan

Seperti Ini Dekorasi Pernikahan yang Digandrungi Pengantin Millennial

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 28 Sep 2019 09:09 WIB
Tren dekorasi pernikahan. Foto: Dok. JAYSU Weddings by Jacky Suharto Tren dekorasi pernikahan. Foto: Dok. JAYSU Weddings by Jacky Suharto

Jakarta - Dekorasi pelaminan jadi salah satu faktor penting dalam resepsi pernikahan. Saat bicara tentang dekorasi pernikahan, tentu tak lepas dari rangkaian bunga, sebagai elemen utama untuk mempercantik tempat hajatan.

Setiap pasangan pengantin pun punya seleranya masing-masing dalam menentukan dekorasi untuk pernikahan mereka. Sedikitnya ada lima aliran dalam rangkaian bunga untuk dekorasi pernikahan yang populer di Indonesia saat ini.

Florist spesialis dekorasi pernikahan Dina Touwani menyebutkan, aliran rangkaian yang biasa digunakan di antaranya modern kontemporer, modern klasik, klasik European dan percampuran antara ketiganya. Adapun dekorasi yang cukup populer saat ini adalah vintage rustic dan kontemporer yang banyak digandrungi kaum millennial.



"Vintage rustic itu pakai pohon-pohon pinus. Tren nya sekarang seperti itu," ujar Dina, saat ditemui di Westin Resort Nusa Dua, Bali, belum lama ini.

Seperti Ini Dekorasi Pernikahan yang Digandrungi Pengantin MillennialFoto: Dok. The Knot


Menurut Dina, generasi millennial juga menyukai rangkaian yang lebih artsy dengan menggunakan berbagai elemen tak biasa dalam dekorasi pernikahan. Misalnya saja elemen kering, dikombinasikan dengan elemen segar, sehingga menghasilkan tampilan yang unik dalam ruangan.

"Misalnya rumput ilalang dikombinasi dengan anggrek bulan yang segar. Kemudian dedaunan hijau, itu buat mereka membosankan. Maka disemprot lah jadi gold, jadi bronze, atau biru. Jadi lebih eksploratif. Banyak anak muda pengen seperti itu," jelas wanita yang berkecimpung di dunia merangkai bunga sejak 20 tahun lalu ini.



Menurutnya dekorasi kontemporer dan vintage rustic lebih disukai pasangan pengantin saat ini karena selain terlepas dari pakem yang dianggap tradisional, juga lebih bersahabat dengan kantong. Aliran yang juga disebut artsy ini kerap memanfaatkan properti yang tak lumrah ada di dekorasi yang gayanya lebih tradisional.

Dina mencontohkan kap lampu dari rotan. Jika dibalik, bisa berfungsi sebagai wadah untuk menaruh rangkaian bunga di atas meja penerima tamu atau buffet makanan. Alhasil biaya yang diperlukan bisa lebih ditekan.

Tren dekorasi pernikahan.Tren dekorasi pernikahan. Foto: Dok. Bridestory/David Salim Photography


"Aliran kontemporer ini model dan pemakaian bunganya lebih sedikit, lebih artsy. Dari segi ekonomis juga lebih terjangkau.

Desainer bunga asal Bali, Made Putra, menambahkan bahwa saat ini pasangan pengantin juga menyukai gaya bohemian tropical untuk dekorasi pernikahan. Tak jauh berbeda dari gaya modern kontemporer, aliran ini pun lebih banyak menggunakan tanaman kering dan dedaunan ketimbang bunga berwarna-warni.

"Pakai palem kering, bohemian dapat, tropikalnya juga dapat. Kalau tropikal lebih banyak ke greenery-nya, banyak main di daun. Untuk bunganya pakai orchid, aloinopsis, dendrobium. Warna-warnanya nggak terlalu ngejreng," pungkas Made.




Simak Video "Ini Dia Tren Pernikahan Impian di Tahun 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)