ADVERTISEMENT

British Airways Jadi Maskapai Gender Netral, Kru Pria Boleh Pakai Makeup

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 11 Nov 2022 18:30 WIB
Kru British Airways Kru British Airways. Foto: Instagram/@british_airways
Jakarta -

British Airways memberlakukan kebijakan baru yang bertujuan mendukung kebebasan berekspresi para krunya. Maskapai penerbangan asal Inggris itu ingin mengutamakan inklusivitas dan gender netral.

Kebijakan baru British Airways kini membolehkan kru pria atau pramugara untuk pakai makeup selama masih dalam kewajaran. Makeup yang dimaksud sebatas memakai maskara, pewarna bibir, bulu mata palsu dan cat kuku.

Kru British AirwaysKru British Airways. Foto: Instagram/@british_airways

Seperti diberitakan Daily Mail, para petinggi British Airways mengirimkan memo melalui email internal yang menyebutkan bahwa setiap staf boleh 'tampil berani, bangga dan jadi diri sendiri'. Selain itu aturan memakai seragam juga diperlonggar.

Adanya kebijakan baru ini diharapkan bisa diterima oleh semua staf. Tak terbatas pada gender, identitas gender, etnis, latar belakang, budaya, identitas seksual, atau sebaliknya.

Sebelumnya British Airways termasuk maskapai yang paling ketat mengatur cara stafnya berpakaian, termasuk soal perbedaan penampilan antara pria dan wanita. Tapi kini pilot dan kru kabin pria bisa lebih bebas menunjukkan identitas diri mereka.

Kru pria kini bisa tampil dengan rambut dicepol bahkan boleh membawa handbag. Tidak harus koper atau ransel. Begitu pula dengan pramugari.

"Kami bangga terhadap semua kolega di British Airways dan kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif," ujar juru bicara British Airways.

Kru British AirwaysKru British Airways. Foto: Instagram/@british_airways

Kebijakan baru berseragam dan berpenampilan untuk para kru ini berubah tak lama setelah British Airways mengumumkan tak lagi menggunakan sebutan 'ladies and gentlemen' untuk menyapa penumpang pesawat. British Airways kini menggunakan bahasa yang dianggap lebih gender netral.

"Kami merayakan perbedaan dan inklusivitas dan kami berkomitmen untuk memastikan semua penumpang merasa diterima ketika bepergian bersama kami," ungkap juru bicara British Airways dalam wawancara dengan iNews, Oktober 2022 lalu.



Simak Video "Alasan Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Bukan di Graha Saba Buana"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)