ADVERTISEMENT

5 Rekomendasi Tempat Lari di Yogyakarta, Bikin Makin Betah Olahraga

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Sabtu, 13 Agu 2022 09:05 WIB
Trek untuk jogging Foto: Shutterstock
Jakarta -

Lari menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari orang. Selain mudah, lari juga termasuk olahraga yang praktis lantaran tak memerlukan alat apa pun. Buat kamu yang gemar lari dan ingin suasana baru, coba lari di tempat-tempat hits di Yogyakarta ini. Apalagi pemandangan di sini juga mendukung dan bikin kamu makin betah olahraga.

Penasaran tempat mana saja di Yogyakarta yang direkomendasikan buat lari? Melansir situs Alltrails, berikut 5 lokasi di Yogya yang bisa kamu coba.

1. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo, Yogyakarta.Embung Tambakboyo, Yogyakarta. Foto: Shutterstock

Embung Tambakboyo merupakan waduk yang terletak di Sleman, tepatnya di Dusun Tambakboyo, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok. Adapun lokasi Embung Tambakboyo bisa terbilang cukup strategis lantaran tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, yakni hanya berjarak 10 kilometer atau 2 kilometer dari UPN Veteran Yogyakarta.

Walaupun tak jauh dari pusat kota, suasana di sini cukup sepi dan asri. Terdapat berbagai vegetasi hijau di sekitar waduk. Cocok sekali bagi kamu yang ingin olahraga sambil menikmati segarnya udara pagi dan sejuknya udara sore Yogyakarta, ditambah dengan pemandangan yang indah. Bahkan jika cuaca mendukung, kamu juga bisa melihat pemandangan Embung Tambakboyo dengan latar Gunung Merapi.

2. Alun-alun Selatan Yogyakarta

Saat berada di Yogya, belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi Alun-alun Selatan Yogyakarta. Apalagi di sini ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari wisata kuliner, berfoto, naik odong-odong, melewati pohon beringin kembar, hingga olahraga.

Kawasan Alun-alun Selatan Yogyakarta memang cukup luas sehingga sering kali menjadi tempat jogging bagi para warga lokal maupun wisatawan. Namun, jika ingin olahraga di sini, pastikan untuk mengunjungi Alun-alun Selatan Yogyakarta di pagi hari saat udara masih sejuk. Tak hanya lari pagi, kamu juga bisa jalan santai atau bersepeda mengelilingi alun-alun ini. Seusai olahraga, jangan lupa cicipi wisata kuliner di sana untuk mengembalikan energi kamu.

3. Candi Prambanan

Candi PrambananCandi Prambanan Foto: Shutterstock

Selain Alun-alun Selatan Yogyakarta, Candi Prambanan juga sering kali menjadi destinasi wajib saat mengunjungi Kota Pelajar ini. Adapun lokasi ini cocok buat kamu yang ingin olahraga sambil berwisata. Sebab, Candi Prambanan tak hanya menawarkan pemandangan candi yang megah, tapi juga udara sejuk karena dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Dijamin olahraga kamu juga jadi makin semangat. Terlebih trek lari di sini dianggap sebagai rute yang mudah, bahkan hanya dibutuhkan rata-rata 37 menit untuk menyelesaikannya.

4. UGM Wisdom Park (Taman Kearifan)

Ingin mencari tempat lari yang sejuk dan tenang? Cobalah kunjungi UGM Wisdom Park yang terletak tak jauh dari pusat kota. Tak perlu khawatir dikenakan harga mahal, karena kamu bisa berolahraga di sini secara gratis asal menaati semua peraturan yang berlaku.

Di sini, kamu bisa menikmati berlari di area forest walk dekat danau. Rute lari di sini pun cukup mudah karena hanya membutuhkan rata-rata 39 menit untuk menyelesaikannya. Usai berlari, kamu juga bisa bersantai di kursi-kursi taman yang tersedia atau mengunjungi green house atau vertical garden di UGM Wisdom Park.

5. Stadion Kridosono

Buat kamu yang ingin merasakan lari di stadion, Stadion Kridosono bisa jadi pilihan. Adapun stadion ini dulunya pernah menjadi ikon olahraga Yogyakarta. Stadion Kridosono terletak di wilayah Kotabaru, tepatnya di Jalan Yos Sudarso. Saat ini, terdapat pula pusat-pusat olahraga lainnya seperti futsal, kolam renang yang bisa dicoba. Usai berlari, kamu juga bisa mencoba makanan khas Yogyakarta yang dijajakan para pedagang di sekitaran stadion.

Nah, itulah beberapa tempat jogging di Yogyakarta yang bisa kamu coba. Buat kamu yang mau suasana dan pengalaman baru, dan ingin men-challenge kemampuan lari kamu, kamu bisa ikut ajang Mandiri Jogja Marathon. Di sini, ada berbagai kategori yang bisa diikuti mulai dari 5K, 10K, Half Marathon, hingga Marathon sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan lari kamu.

Untuk mengetahui informasi detail mengenai acara tersebut langsung kunjungi website di sini.



Simak Video "Sains di Balik Cat Ajaib yang Jadi Gaun Bella Hadid"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)