Simak! Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu Tentang Travel Insurance

Sponsored - wolipop Senin, 14 Feb 2022 09:43 WIB
Ilustrasi Travel Foto: Freepik
Jakarta -

Jalan-jalan atau traveling sekarang menjadi salah satu gaya hidup yang sedang naik daun. Semua kemudahan yang dirasakan, mulai dari merencanakan perjalanan hingga pemesanan akomodasi dan tiket perjalanan membuat sebagian besar orang kini selalu menyempatkan waktu untuk melakukan perjalanan.

Akan tetapi, rencana perjalanan bukan menjadi satu-satunya yang perlu kamu buat sebelum liburan tiba. Memberikan perlindungan tambahan untuk diri sendiri saat melakukan traveling pun tak kalah pentingnya. Nah, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membeli travel insurance.

Mengapa Membeli Travel Insurance Itu Penting?

Asuransi untuk perjalanan memiliki tujuan sebagai perlindungan terhadap diri sendiri selama kamu berada dalam perjalanan. Adapun risiko yang termasuk lingkup asuransi perjalanan termasuk kecelakaan, mengalami sakit, hingga kematian. Tak hanya itu, asuransi perjalanan juga memberikan jaminan perlindungan saat kamu mengalami kehilangan bagasi, benda berharga, hingga paspor dan barang lainnya selama perjalanan.

Tentunya, memiliki asuransi perjalanan jadi aspek yang juga perlu dipertimbangkan sebelum melakukan liburan. Berikut alasannya.

  • Memberikan perlindungan terhadap keamanan barang pribadi.
  • Memberikan perlindungan terhadap kesehatan selama melakukan perjalanan.
  • Meringankan biaya pengobatan apabila mengalami sakit atau bahkan kecelakaan selama bepergian. Terlebih apabila melakukan perjalanan ke luar negeri yang bisa saja tidak tertanggung oleh pihak asuransi kesehatan.
  • Lebih tenang dan nyaman selama bepergian.

Tak hanya itu, apabila kamu melakukan perjalanan internasional, kamu juga perlu mengetahui apakah negara tujuan mengharuskan adanya kepemilikan travel insurance. Pasalnya, beberapa negara di Amerika dan Eropa mengharuskan pendatang dari negara lain memiliki asuransi perjalanan.

Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Travel Insurance

Sementara itu, berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang asuransi perjalanan.

Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Asuransi Perjalanan Internasional

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan medis ketika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri dengan jangka waktu tertentu.

  • Asuransi Perjalanan Tahunan

Asuransi ini memiliki cakupan perjalanan, baik rute dalam negeri maupun luar negeri dalam waktu satu tahun. Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi untuk ibadah haji dan umrah. Lalu, ada pula asuransi untuk rute domestik yang menjamin perlindungan apabila kamu melakukan perjalanan ke berbagai destinasi di seluruh Indonesia.

  • Asuransi untuk Student Assist

Jenis asuransi perjalanan yang khusus ditujukan untuk siswa yang sedang melanjutkan studi di luar negeri.

  • Asuransi untuk Kepentingan Medis dan Evakuasi

Pilihan asuransi ini akan menjamin tanggungan biaya medis saat berada dalam perjalanan.

  • Asuransi untuk Gangguan dan Pembatalan Perjalanan

Cakupan asuransi ini termasuk dana perjalanan yang tidak bisa dikembalikan apabila mengalami risiko yang membuat kamu tidak mampu melakukan perjalanan karena sakit atau terjadi pembatalan dari agen. Jenis asuransi ini juga memberikan jaminan tanggungan apabila mengalami sakit selama dalam perjalanan dan perlu pulang kembali ke daerah asal.

  • Asuransi untuk Kepentingan Penerbangan

Sementara itu, travel insurance untuk kepentingan penerbangan menanggung risiko yang berkaitan dengan kecelakaan yang berdampak pada kehilangan nyawa ketika kamu melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang komersial. Tak hanya itu, asuransi penerbangan juga memberikan ganti biaya apabila penerbangan kamu tertunda.

  • Asuransi yang Berkaitan dengan Bagasi

Lalu, untuk asuransi yang berkaitan dengan bagasi, klaim dapat dilakukan apabila kamu mengalami kehilangan atau pencurian bagasi.

Cakupan Perlindungan

Aspek kedua adalah perlindungan. Biasanya, cakupan perlindungan yang diberikan berfokus pada semua risiko yang mungkin terjadi ketika KAMU sedang melakukan perjalanan, baik untuk rute domestik maupun internasional.

Risiko yang dimaksud misalnya mengalami sakit, kecelakaan, hingga kematian saat berada dalam perjalanan. Lalu, ada juga penggantian biaya ganti rugi karena jam penerbangan yang diundur, penerimaan bagasi yang mengalami hambatan, mengalami kehilangan barang di pesawat maupun sebab lainnya.

Apabila terjadi risiko kehilangan nyawa selama dalam perjalanan, maka pihak keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan biaya tanggungan. Namun, berbagai kerugian yang terjadi karena AIDS, pemakaian obat terlarang, terorisme, dan politik tidak menjadi tanggungan asuransi.

Biaya Premi

Biaya premi dalam travel insurance jelas begitu beragam. Namun, apabila dibandingkan dengan semua biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan, harganya pasti lebih kecil. Umumnya, biaya premi hanya berkisar 1% dari semua anggaran perjalanan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan biayanya juga besar, bergantung pada pihak asuransi yang dipilih.

Meski begitu, kamu tidak perlu risau. Pasalnya, sekarang perusahaan asuransi menawarkan berbagai macam paket asuransi dengan harga iuran setiap bulannya yang pastinya terjangkau.

Tak hanya itu, besar atau kecilnya premi umumnya turut dipengaruhi oleh usia pelancong. Harga tentu akan semakin tinggi apabila perjalanan dilakukan oleh orang yang sudah berusia lanjut. Ini karena orang lanjut usia lebih berisiko terserang penyakit daripada orang usia produktif. Lalu, besaran nilai tanggungannya juga bermacam-macam, bergantung pada paket asuransi yang kamu pilih.

Cara Mengajukan Klaim

Terdapat dua cara proses pengajuan klaim travel insurance. Cara pertama yaitu bagi perusahaan asuransi yang masuk dalam kategori worldwide provider. Ketika kecelakaan terjadi, kamu dapat memperlihatkan asuransi tersebut di rumah sakit. Namun, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan produk ini.

Secara umum, apabila kamu sakit atau mengalami musibah kecelakaan saat berada dalam perjalanan, kamu dapat segera melakukan pengobatan di lokasi perjalanan. Lalu, mintalah surat keterangan dari dokter yang bisa membuktikan kondisi kamu saat hendak mengajukan klaim asuransi setibanya di Indonesia.

Namun, tidak kalah pentingnya, pastikan kamu sudah membaca dengan teliti dan mempertimbangkan sebaik mungkin apa saja fasilitas dan manfaat yang bisa kamu dapatkan sebelum membeli asuransi perjalanan. Apabila kamu mencari travel insurance yang terbaik, pertimbangkan untuk memilih Traveloka Lifestyle SuperApp. Selamat berlibur!

(Content Promotion/Traveloka)