Kata Pria yang Viral Ungkap Sampah Saos Indonesia Berserakan di Jepang

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 30 Jun 2020 17:13 WIB
mas kasan Foto: Tangkap Layar TikTok @hassanhans.
Jepang -

Seorang traveller asal Indonesia bernama Mas Kasan viral setelah membagikan pengalamannya saat menemukan sampah jananan Indonesia di salah satu sudut kota di Jepang. Dalam video yang viral di TikTok itu tampak sampah bungkus kacang dan saos asal Indonesia berserakan di jalanan.

"Beberapa hari ke Jepang, belum pernah aku menemui sampah. Sekalinya nemu langsung emosi kayak gini dong. Ke Jepang baru nemu sampah ternyata baru nemu ini, punya siapa hayo? Garuda pedas dong, sama sambel. Hayo punya siapa ini ngaku! Duh, jangan dicontoh ya gais malu banget kalau kita dicap jelek sama negara lain," ucap Mas Kasan di akun TikToknya @hassanhans pada Minggu (28/6/2020).

Ia pun memperingatkan apa yang ditampilkan di dalam videonya yang viral tersebut untuk tidak dicontoh. "Jangan dicontoh ya, guys! Pas traveling, sampahnya disimpan dulu di tas aja ya, baru buang pas di hotel aka plis," tulisnya.


Saat diwawancara oleh Wolipop, pria bernama lengkap Mas Kasan ini mengaku sebagai travel blogger (travelerkere.com). Dia juga bekerja sebagai fotografer freelance. Pemilik blog travelling travelkere itu mengisahkan bagaimana dirinya menemukan sampah tersebut.

"Saat itu aku lagi traveling ke Kyoto, Jepang. Kebetulan aku cinta mati banget ama travelling. Aku jalan-jalannya pas sekalian motoin sepasang klien (orang Indonesia yang tinggal di Kyoto) buat sesi prewedding mereka. Pas lagi mau ngunjungin spot, kami kaget karena nemu sampah berserakan, lebih kaget lagi ternyata itu sampahnya adalah produk Indonesia. Saat itu, pagi (lupa jam berapa), kami jalan di sudut kota Kyoto, sampah tersebut ada di pinggir trotoar, tidak jauh dari rumah makan halal," jelasnya saat dihubungi oleh Wolipop lewat WhatsApp, Selasa (30/6/2020).

Mas Kasan yang sudah menjadi freelance fotografer sejak 2017 itu mengaku menemukan sampah tersebut pada pagi hari. Dan siang harinya saat melewati kembali jalanan yang sama setelah selesai memotret, dia menemukan sampah itu masih ada.

mas kasanFoto: Tangkap Layar TikTok @hassanhans.

"Jadi, pagi hari kami nemu sampah itu, karena lagi buru-buru jalan, buat fotoin klien. Dan saya melihat ada seorang petugas sampah, maka saya biarkan sampah tersebut. Siang harinya, saya sudah selesai foto session, kami lewat jalan yang sama. Ternyata, sampahnya masih stay di tempat yang sama. Melihat itu, akhirnya kami pungutin sampahnya dan kami masukin ke tong sampah yang ada di sampingnya," tuturnya.


Video yang diunggah Mas Kasan ke TikTok soal sampah jajanan yang diduga dibuang orang Indonesia itu sendiri hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 1,7 juta views, mendapat 146.200 likes dan diramaikan 2.244 komentar. Pria yang sudah travelling ke 26 negara di dunia itu mengaku tak menyangka videonya tersebut viral.

"Jujur nggak nyangka, karena sebenarnya video itu aku ambil 1 tahun yang lalu dan sudah pernah aku share via Instagram Stories, dan response-nya gak se-massive di TikTok. Nggak nyangka banget. Reaksi aku cukup kaget, terkejut, campur aduk gitu. Sekaligus takut karena banyak yang merasa itu settingan," pria ucap lulusan Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan Bahasa Inggris itu.

mas kasanFoto: Tangkap Layar TikTok @hassanhans.



Mas Kasan yang tinggal di Tangerang Selatan menyebutkan alasannya mengunggah kembali video penemuan sampah yang ada di Jepang itu. "Karena aku melihat postingan bule gitu tentang sungai Citarum yang kotor. Terus setelah dia post, akhirnya masyarakat berbondong-bondong bersihin sungainya. Aku pengen travelers kita juga bisa responsible terhadap sampahnya masing-masing," katanya.

Mas Kasan yang berencana keliling dunia setelah pandemi Corona ini pun memberikan pesannya bagi siapapun yang ingin jalan-jalan ke luar negeri. Dia meminta agar setiap orang bertanggungjawab pada sampahnya sendiri.

"Halo, teman-teman travelers di Indonesia di manapun kalian berada! Kita takkan pernah bisa berpaling dari sampah, ke manapun kita pergi, di belahan dunia manapun, kita pasti akan menemukan sampah. Salah satu cara untuk berdamai dengan sampah, supaya tidak mencemari lingkungan, adalah dengan responsible terhadap sampah kita sendiri. Jangan lupa untuk selalu membuang pada tempatnya, ya. Jika lokasi kamu berada tidak tersedia tempat sampah, simple-nya, kita bisa simpan dulu sampah tersebut di saku, tas atau ransel dahulu, baru saat sampai penginapan bisa dibuang di tempat yang seharusnya. Bumi tempat kita berpijak cuma ada satu; so, mari kita sayangi bersama. Thank you & keep on traveling!" pungkasnya.

mas kasanFoto: Dok. pribadi Mas Kasan.


Simak Video "RIP Bob Trending, Kucing yang Bantu Majikannya 'Melawan' Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)