Laporan dari Ningbo

Belajar Sejarah Peradaban China di Bangunan Unik Nan Modern Ningbo Museum

Hestianingsih - wolipop Kamis, 21 Nov 2019 10:41 WIB
Foto: Hestianingsih/Wolipop Foto: Hestianingsih/Wolipop

Ningbo - Dunia mengenal China sebagai negara dengan populasi penduduk terbanyak. Mengetahui sejarah peradaban dan perkembangan saat berkunjung ke negara dengan jumlah populasi tak kurang dari 1,4 miliar jiwa ini mungkin bisa jadi pilihan untuk menambah wawasan selain menikmati momen jalan-jalan di negeri orang.

Kota Ningbo di provinsi Zhejiang, China, merupakan lokasi berdirinya museum yang menceritakan tentang sejarah terbentuknya Negeri Tirai Bambu, dengan fokus pada area Ningbo di Zhejiang. Tempat bernama Ningbo Museum ini merupakan museum berskala nasional pertama di China yang dibangun pada 2008. Ningbo Museum juga disebut sebagai museum paling inovatif yang dimiliki China.

Betapa tidak, meskipun sebagian besar isinya berisi sejarah kuno, gedung museum dirancang dengan gaya sangat modern. Arsitektur bangunan dikreasikan dengan teknik dan proses yang modern. Wang Shu sebagai arsiteknya merancang bangunan dengan desain simpel dan futuristik didominasi palet abu-abu, namun diberi sentuhan avant garde.

Ningbo MuseumNingbo Museum Foto: Hestianingsih/Wolipop


Salah satu elemen yang unik dari museum ini adalah bentuk bangunan itu sendiri. Ningbo Museum memiliki bentuk yang semakin ke atas semakin miring hingga meruncing. Memberi efek seperti siluet kapal sekaligus gunung. Desain seperti ini sengaja dibuat untuk menggambarkan fitur geografis Ningbo yang memang dikelilingi perairan dan pegunungan. Ningbo sendiri mengandung arti 'Gelombang Laut yang Tenang'.



Saat memasuki museum, ambiens yang terasa pertama kali adalah modern dan industrial, jauh dari kesan kuno. Saat Wolipop mengunjungi museum ini pada Selasa (19/11/2019), terlihat cukup banyak anak muda dan beberapa turis asing yang asyik memerhatikan properti museum serta penjelasan yang ditempelkan pada dinding-dinding bangunan.

Ningbo MuseumNingbo Museum Foto: Hestianingsih/Wolipop


Lantai satu difungsikan sebagai ruang pamer yang bersifat sementara atau hanya dalam periode tertentu. Sementara pameran permanen atau utama berada di lantai dua.

Pameran memperlihatkan sejarah Kota Ningbo dari zaman salah satu kebudayaan Neolitik yakni Hemudu pada 5500 Sebelum Masehi, hingga terbentuknya Republik Rakyat China di masa sekarang. Perkembangan peradaban ini ditunjukkan lewat maket, artefak, perangkat rumah tangga, koleksi peralatan terbuat dari tembaga, porselen sampai kaligrafi. Terdapat juga patung-patung lilin dengan latar belakang pemandangan yang menunjukkan suasana pada tiap periode zaman.

Ningbo MuseumNingbo Museum Foto: Hestianingsih/Wolipop


Naik ke lantai tiga, pengunjung akan menemukan pameran kustom. Saat datang ke sini, ruangan seluas 5.400 meter per segi ini sedang menggelar Years as Songs, yakni pameran yang menceritakan perkembangan sosial dan ekonomi di Ningbo sejak 1949. Patung lilin, gedung-gedung tiruan dan teknik elektronik modern digunakan untuk memberi nuansa jalan serta perkampungan tradisional di Ningbo. Diperlihatkan pula beberapa budaya pop yang muncul di era 40-an hingga 80-an.

Lantai tiga ini juga rumah bagi koleksi kerajinan dari bambu yang eksis pada Dinasti Ming dan Qing. Koleksi ini didonasikan oleh Qin Bingnian, anak dari kolektor ukiran bambu ternama Qin Kangxiang. Anda bisa melihat bagaimana sebuah ruas bambu diubah menjadi pajangan ukiran dengan bentuk dan motif-motif rumit bernilai seni tinggi.

Belajar Sejarah Peradaban China di Bangunan Unik Nan Modern Ningbo MuseumNingbo Museum.Foto: Hestianingsih/Wolipop


Selesai melihat pameran dan keluar ruangan, pengunjung akan disuguhi pemandangan cantik di area teras rooftop. Di sinilah terlihat dua dekorasi dinding yang dibuat dengan dua cara untuk menggambarkan masa lalu dan masa depan. Sisi kiri dinding dibuat menggunakan ratusan batu bata dan ubin yang dikumpulkan dari berbagai daerah untuk menunjukkan masa lalu. Sementara dinding sisi kanan didekorasi dengan bambu yang dilapisi semen. Berkat keunikannya, area ini menjadi salah satu spot favorit para pengunjung untuk berfoto.

Tertarik datang ke sini? Ningbo Museum berlokasi di Distrik Yinzhou, Ningbo, China.

Simak Video "Belajar Berbagai Motif Batik di Museum Tekstil"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/agm)