ADVERTISEMENT

Konten Kreator Wajib Tahu! Ini Spesifikasi Laptop untuk Video Editing

Sponsored - wolipop Kamis, 01 Sep 2022 19:06 WIB
ASUS Oled Foto: Dok. ASUS
Jakarta -

Video editing merupakan suatu aktivitas lumrah yang kini digandrungi banyak orang. Bukan hanya sebagai kebutuhan pekerjaan kantoran, video editing juga dilakukan oleh mereka yang menjadi pekerja lepas, seperti konten kreator.

Memang benar, kebutuhan akan video editing untuk pekerjaan kantoran dan pekerjaan sebagai konten kreator akan menghasilkan video yang berbeda. Akan tetapi, kebutuhan akan perangkat mumpuni tetap wajib ada pada dua kepentingan berbeda ini.

Masalahnya, tidak semua perangkat pintar seperti laptop layak untuk Anda jadikan sebagai medium untuk mengedit video. Terdapat beberapa spesifikasi dan syarat-syarat khusus yang harus ada di laptop khusus video editing, namun tidak ada di laptop pada umumnya.

Apa saja syarat-syarat tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Segi Performa & Spesifikasi Laptop

Syarat paling dasar wajib ada pada semua laptop untuk video editing yaitu performa dan spesifikasi laptop yang mumpuni. Tentu kita semua tahu, bahwa aplikasi-aplikasi khusus video editing biasanya akan memakan banyak ruang penyimpanan dan performa kerja dari laptop.

Oleh karena itu, penting bagi laptop khusus video editing untuk memiliki prosesor bertenaga seperti Intel Core H Series hingga AMD Ryzen H Series. Dua tipe prosesor ini akan sangat tepat untuk kebutuhan video editing karena memiliki tenaga berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan tipe prosesor lainnya.

Tak hanya itu, laptop untuk video editing wajib dibekali chip grafis dengan kualitas NVIDIA GeForce RTX dan GTX. Kemudian, dari segi kapasitas RAM minimal memiliki 8GB RAM DDR4 yang setidaknya telah menggunakan PCIe SSD. Ini penting agar selama beroperasi laptop tetap dalam jalur performa paling stabil.

ASUS OledFoto: Dok. ASUS

Segi Resolusi Layar yang Jernih

Syarat kedua yaitu berkaitan dengan spesifikasi resolusi layar. Salah satu unsur penting dalam video editing yaitu daya tarik visual yang ditawarkan sebuah video. Agar dapat menciptakan video dengan kualitas terbaik, penting untuk menggunakan laptop dengan resolusi layar paling jernih dan dapat mereproduksi spesifikasi warna yang tinggi, detail dan tajam.

Reproduksi warna lebih detail ini dapat dihasilkan dari fitur layar laptop dengan color gamut 100% sRGB DCI-P3. Spesifikasi ini memberikan kemampuan kepada layar laptop untuk menghasilkan warna lebih banyak dan lebih tajam.

Segi Reproduksi Warna yang Detail dan Tajam

Bukan hanya layar dengan kemampuan reproduksi warna yang kaya, tetapi laptop untuk video editing juga harus dapat menampilkan detail warna secara tajam dan akurat. Ini berkaitan dengan konsistensi layar laptop dalam menampilkan hasil video dengan berkualitas terbaik.

Hasil tampilan layar yang kaya dan akurat ini dapat Anda miliki di dalam laptop dengan sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar laptop dengan sertifikasi ini sudah pasti memiliki tingkat akurat paling tinggi yang sangat cocok untuk disandingkan dengan laptop khusus video editing.

ASUS OledFoto: Dok. ASUS

Segi Layar Memenuhi Kebutuhan Visual Modern

Guna dapat memaksimalkan aktifitas video editing, fitur visual modern seperti High Dynamic Range juga menjadi checklist yang harus ada dalam laptop untuk video editing. Tak hanya itu, laptop juga harus memiliki fitur response time yang dinamis dengan minimal 3ms.

Bukan hanya laptop gaming saja yang wajib memiliki response time yang cepat. Laptop untuk kebutuhan video editing juga demikian, agar selama proses pengerjaan tetap berlangsung secara efektif.

Segi Konektivitas yang Telah Mumpuni

Selain syarat-syarat secara internal wajib ada dalam laptop untuk video editing, ada juga syarat eksternal yang wajib dipenuhi. Salah satu syarat eksternal tersebut yakni kebutuhan konektivitas.

Selama melakukan edit video, perangkat tambahan seperti mouse, ruang penyimpanan eksternal, monitor tambahan, hingga alat-alat lainnya wajib ada agar proses editing video dapat dilakukan secara efisien. Maka tak heran untuk memenuhi standar laptop video editing, perangkat tersebut harus memiliki jumlah konektivitas yang mumpuni.

Minimal, beberapa konektivitas yang harus ada pada laptop video editing seperti port USB Type-A, HDMI, USB Type-C dan lain sebagainya. Koneksi video juga tidak bisa diremehkan. Dengan tambahan teknologi WiFi 6, kegiatan video editing di laptop akan bisa berjalan dengan lancar.

ASUS OledFoto: Dok. ASUS

Rekomendasi Laptop Video Editing, ASUS Vivobook Pro dan Vivobook Pro X

Semua syarat dari spesifikasi untuk laptop video editing tersebut dapat anda temukan pada ASUS Vivobook Pro dan ASUS Vivobook Pro X. Mulai dari segi performa, spesifikasi laptop, kekuatan layar, reproduksi warna, keakuratan dalam menampilkan hasil editing serta konektivitas mumpuni semuanya ada di dalam laptop ASUS Vivobook Pro dan ASUS Vivobook Pro X.

Hal paling istimewa yang dapat Anda temukan di laptop video editing ASUS yaitu kehadiran layar ASUS OLED yang merupakan teknologi paling baru dan canggih di kelasnya. Bahkan di pasar laptop internasional sekalipun, ASUS menjadi pemimpin pasar laptop layar OLED baik di Indonesia maupun di dunia.

Harga bersaing mulai dari Rp 10 juta juga menjadi salah satu penawaran terbaik dari ASUS untuk para pengguna setianya. Sementara untuk ASUS Vivobook Pro dengan layar ASUS OLED dapat dimiliki mulai dari Rp 11 jutaan.

ASUS OledFoto: Dok. ASUS

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ASUS OLED dapat Anda lihat di tautan berikut https://bit.ly/ASUSOLED0622.

(Content Promotion/ASUS)