Lewat Gadget, Kini Muslimat Bisa Baca Al-Qur'an-Tafsir di Mana Saja

Inkana Putri - wolipop Kamis, 18 Nov 2021 04:31 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Kiprah wanita aktif dan produktif kini bisa dengan mudah ditemui di berbagai bidang. Sebab, kini sudah banyak wanita karier yang dapat dengan bebas menghabiskan waktu di luar untuk mengembangkan diri, bahkan menginspirasi banyak orang lainnya.

Di antara sekian banyak wanita aktif yang menginspirasi, tak sedikit dari mereka merupakan muslim yang taat. Namun, di tengah kesibukan yang padat dan serba cepat, ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para muslimat, misalnya untuk membagi waktu dalam membaca Al-Qur'an atau bahkan mempelajari tafsirnya.

Selain masalah waktu, ada kendala lain yang biasanya harus dihadapi, seperti sulitnya membawa Al-Qur'an yang lengkap dengan tafsirnya terlebih jika bawaan sehari-hari ke luar rumah sudah terlalu banyak. Tak hanya itu, harga Al-Qur'an dalam bentuk fisik yang sudah lengkap dengan tafsir juga terkadang tidaklah murah. Lantas bagaimana solusinya?

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, sepatutnya para muslimah tak lagi khawatir akan hal-hal tersebut. Sebab, para wanita muslim yang aktif dan produktif pun bisa tetap membaca Al-Qur'an dan mempelajari tafsirnya melalui smartphone.

Lewat gadget yang biasa dibawa sehari-hari ini, Anda bisa mengakses https://tafsirweb.com, sebuah situs yang memberikan kemudahan untuk membaca Al-Qur'an dan belajar tafsir.

"Tafsirweb merupakan salah satu situs baca Al-Qur'an online yang lengkap dengan terjemahan dan juga tafsir dari berbagai ahli tafsir, yang tentunya kredibel. Di situs Tafsirweb, tersedia lengkap 114 ayat suci Al-Qur'an dengan terjemahan bahasa Indonesia yang mudah dipahami," ungkap Owner Tafsirweb.com, Haryo dikutip dari keterangan resmi Tafsirweb, Rabu (17/11/2021).

Haryo menjelaskan memahami tafsir Al-Qur'an bisa menjadi nilai tambah bagi muslimat, khususnya dalam memaknai bacaan surat dan ayat suci Al-Qur'an. Sebagaimana diketahui, tafsir menurut istilah berarti ilmu atau cara pengucapan lafal-lafal Al-Qur'an, serta cara mengungkapkan petunjuk, kandungan-kandungan hukum, dan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Ia menambahkan, di situs Tafsirweb, terdapat beberapa tafsir Al-Qur'an, seperti tafsir terbitan Kemenag atau Kementerian Agama Republik Indonesia. Ada juga Tafsir al-Muyassar yang merupakan karya sekumpulan ulama di bawah pengawasan Syekh Dr. Shalih Alu Syaikh, Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Saudi Arabia.

Selain bacaan surat Al-Qur'an, Tafsirweb juga menyediakan berbagai doa sehari-hari hingga zikir. Menurutnya, kepraktisan yang ditawarkan situs Al-Qur'an online seperti Tafsirweb ini akan mempermudah wanita modern yang aktif dan produktif untuk tetap beribadah di tengah kepadatan aktivitasnya.

Ia pun mengatakan, dengan Tafsirweb, kini wanita modern bisa membaca Al-Qur'an dan juga mempelajari tafsirnya di rumah, kantor, atau dalam perjalanan sekalipun hanya dengan mengandalkan benda yang selalu dibawanya yaitu smartphone.

(fhs/eny)